spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Gempar! Malaysia Mau Diserang Filipina

    MALAYSIA,FOKUSJabar.id: Sejumlah media mengabarkan bahwa milisi Sulu yang berada di Filipina akan melakukan serangan ke wilayah Sabah, Malaysia.

    Bahkan, Serangan tersebut didukung pejabat dari Filipina. Rencananya serangan tersebutakan dilakukan pada Februari mendatang.

    Dalam laporan tersebut, dikatakan ada pertemuan rahasia di antara 19 wali kota di Provinsi Sulu. Bahkan akan ada perekrutan 600 pejuang bersenjata dan untuk membentuk ‘Tentara Kerajaan Sulu’ guna menyerang Sabah.

    “Pertemuan 1 Desember dilakukan oleh seorang pejabat yang dipilih secara lokal di provinsi Sulu, yang mengumpulkan 19 wali kota Kepulauan Sulu untuk membahas rencana pembentukan Tentara Kerajaan Sulu dengan target merekrut hingga 600 orang untuk menyerbu Sabah,” ujar pejabat itu, dikutip dari South China Morning Post akhir pekan kemarin.

    BACA JUGA: Imbas Kerja Paksa, Zara Diblokir di Prancis!

    Sumber pejabat senior pemerintahan Filipina juga mengatakan bahwa mata-mata telah dikirim untuk menjelajahi kota-kota pesisir.

    Kesultanan Sulu memang mengklaim Sabah sebagai wilayahnya. Insiden bahkan sempat terjadi di 2013, di mana sembilan polisi dan tentara Malaysia serta enam warga sipil tewas dalam invasi yang dilakukan milisi Sulu mengepung wilayah Lahat Datu, yang diperebutkan.

    Sementara itu, Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana mengatakan kepada wartawan bahwa laporan invasi adalah “berita palsu.” Juru bicara militer Filipina di Sulu, Letnan Jerrica Angela Manongdo, mengatakan bahwa laporan media “tidak memiliki dasar.”

    “Kami segera menyelidiki masalah ini ketika kami mengetahui laporan berita. Berdasarkan informasi yang kami kumpulkan, tidak ada hal seperti itu,” kata Lorenzana, seperti dilansir CNBC.

    Dia menyebut, PDRM memiliki hubungan baik dengan otoritas Filipina. Bahkan kedua negara berbagi informasi intelijen tentang kegiatan apa pun yang dapat mengancam hubungan dekat dan keamanan kedua negara.Sebelumnya, Sabah sempat diklaim merupakan milik Filipina melalui sejarah Kesultanan Sulu. Namun, Malaysia tetap mendapatkan wilayah itu lantaran menggunakan basis argumen bahwa di tahun 1878 Spanyol telah membeli wilayah itu dari Kesultanan Sulu.

    Pada 1888, wilayah itu kemudian resmi menjadi milik Inggris setelah Spanyol melepaskan Sabah dalam Protokol 1885. Saat kemerdekaan Malaysia, wilayah itu diserahkan Inggris menjadi milik Malaysia.

    BACA JUGA: Klaim Batik, Miss World Malaysia Diserang Netizen Indonesia

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img