spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    KPED Gelorakan Semangat Silih Tulungan Melalui Lomba Kreatif

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Komite Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Daerah (KPED) Jawa Barat menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Urban Farming Lestari untuk Pemulihan Ekonomi Jabar secara hybrid dari Gedung Indonesia Menggugat, Kota Bandung, Rabu (8/12/2021).

    KWT Tanjung Manggu dari Kabupaten Ciamis keluar sebagai juara pertama. Juara kedua adalah KTD Abimantra dari Kota Bogor. Sedangkan juara ketiga diraih oleh KWT Indah Makmur dari Kabupaten Cirebon.

    Hadiah berupa uang tunai sebesar Rp10 juta untuk juara pertama, Rp7,5 juta untuk juara kedua, dan Rp5 juta untuk juara ketiga, diserahkan secara simbolis kepada pemenang.

    Salah satu dewan juri lomba, Romalis Sobandi, mengatakan bahwa urban farming amat krusial untuk menjaga ketahanan pangan di perkotaan. Apalagi, World Bank memprediksi, pada 2025, 80 persen penduduk Jabar akan tinggal di perkotaan.

    “Kita semua mempunyai tanggung jawab menghasilkan pangan di pekarangan masing-masing,” kata Romalis.

    BACA JUGA: Ini Pesan Oded Sebelum Meninggal Ke Security Rumah Dinas

    Romalis mendorong para pemenang lomba dapat menularkan semangat kepada masyarakat agar mulai memanfaatkan lahan kecil atau pekarangan rumah untuk melakukan urban farming. Ia pun berharap lomba serupa dapat diikuti oleh 27 kabupaten/kota di Jabar.

    “Kerangka (urban farming) ditindaklanjuti dengan mendorong, memulihkan komoditas-komoditas lokal. Pisang di Sukabumi. Buah-buahan di Cianjur. Rumput laut di pantai utara. Pangan masa depan ada di laut,” ucapnya.

    “Harapan lomba ini dan kriteria menjadi pemantik bagi masyarakat untuk mulai menekuni gaya hidup yang lestari,” kata di menambahkan.

    Selain menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Urban Farming Lestari, KPED Jabar pun mengumumkan pemenang Lomba Masak Main Course Serba Ikan dan Lomba Cipta Komik Digital Silih Tulungan Jilid 2.

    Adapun pemenang Lomba Cipta Komik Digital Silih Tulungan Jilid 2, yakni Alfi Sefia Wijaya dari Kabupaten Lingga (Juara 1), Yan Baptista Teguh Patrianto dari Kota Bekasi (Juara 2), dan Dimas Aryo Wirawan dari Jakarta Barat (Juara 3).

    Sedangkan pemenang Lomba Masak Main Course Serba Ikan, yakni Iin Parlina (Juara 1), Muhtaram Ramadhani (Juara 2), dan Yeyet Nurcahyeti (Juara 3).

    Semangat Silih Tulungan

    Ketua DKG KPED Jabar Eric Wiradipoetra mengatakan, masyarakat dapat terlibat untuk menggelorakan semangat silih tulungan. Salah satunya dengan menginspirasi masyarakat lain melalui karya-karya yang mumpuni, seperti karya yang hadir dalam lomba-lomba DKG KPED Jabar.

    “Karya-karya pemenang bisa menjadi inspirasi untuk masyarakat lain. Itu juga dapat mengungkit ekonomi di dalam masyarakat sendiri,” kata Eric.

    Eric mencontohkan, hasil karya pemenang Lomba Cipta Komik Digital Silih Tulungan dapat menggerakkan sektor penerbitan, kreatif, dan digital, sekaligus.

    “Juga lomba masak dan urban farming bisa menjadi pemicu dan menularkan lebih banyak lagi. Tujuan dari lomba ini adalah untuk jadi pemicu dan teraktivasi, dan silih tulungan terasa agar kohesi masyarakat dan pemerintah terjalin,” kata dia.

    Hal senada dikatakan Wakil Ketua DKG KPED Jabar Aat Soeratin. Menurutnya, program-program yang digagas DKG KPED Jabar, termasuk lomba, diharapkan mampu memicu gerakan masayrakat.

    “Kami menamakan gerakan itu gerakan silih tulungan,” ucap Aat.

    Gerakan Silih Tulungan sendiri bertujuan untuk menggali, merevitalisasi, membangunkan, karakter masyarakat Jabar, yakni gotong royong dan tolong-menolong. Hal itu, yang merupakan bagian budaya Jabar, menjadi modal penting untuk bangkit dan pulih dari kesulitan ekonomi akibat hantaman pandemi COVID-19.

    “Lomba ini untuk menunjang agar literasi dan penjelasan program silih tulungan sampai ke masyarakat. Terima kasih ibu/bapak. Kami harapan menjadi bagian dari gerakan dan menjadi semacam juru bicara secara tidak formal kepada masyarakat,” kata Aat.

    BACA JUGA: Anggaran KPED Harus Jadi Perhatian Pemprov Jabar

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img