spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    Peringati HMPI PTPN VIII Tanam Pohon di 7 Titik Sekaligus Se-Indonesia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) PT Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII) menanam pohon serentak di tuhuh titik se-Indonesia, bekerjasama dengan sejumlah BUMN, Pemerintah Daerah, dan para Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALA).

    Lokasi penanaman serentak tersebut, yaitu DKI Jakarta (Gedung Kementerian BUMN), Sumatera  Utara  (Danau  Toba),  Lampung  (Wai  Sekampung),  Riau  (Pekanbaru),  Banten (Rangkasbitung), Jawa Timur (Malang), Sulawesi Selatan (Makassar), total sebanyak 3.970 pohon dengan jenis pohon endemik.

    Mentri BUMN Erick Tohir secara simbolis menanam pohon pucuk merah dan tabebuya di halaman Gedung Kementerian BUMN. Kegiatan penanaman juga dilakukan oleh Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto, Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Tedi Bharata, dan Asisten Deputi Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Agus Suharyono.

    BACA JUGA: Jelang Nataru, PT MUJ Genjot Vaksinasi di Kota Bandung

    Erick Thohir mengatakan, bahwa  kegiatan ini merupakan kolaborasi melalui Program TJSL  untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs)/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) antara lain Tujuan 1 (Tanpa Kemiskinan), 7 (Energi Bersih dan Terjangkau), 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi), 13 (Penanganan Perubahan Iklim), 15 (Keberlanjutan Ekosistem Daratan) dan  17  (Kemitraan  Untuk  Mencapai  Tujuan)  yang dilaksanakan  dengan mengedepankan  prinsip akuntabilitas, terintegrasi, terarah, dan terukur dampaknya.

    “Dampak dari penanaman pohon ini akan menjadikan udara lebih bersih, mengurangi dampak pemanasan global, menyerap polusi udara, membantu mencapai target emisi nol pada tahun 2060 dan juga menjawab isu dekarbonisasi,” kata Erick dalam rilis yang diterima, Senin (29/11/2021).

    Dalam rangkaian kegiatan Penanaman Pohon BUMN ini, turut dilakukan Launching Bulan Menanam Pohon Nasional dan Donasi Pohon oleh Pegawai BUMN. Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 tentang Hari Menanam Pohon Indonesia telah menetapkan Bulan Desember sebagai Bulan Menanam

    Pohon  Nasional  dan  Menteri  BUMN  turut  mengajak  seluruh pegawai  Kementerian  BUMN  dan karyawan BUMN untuk melakukan donasi untuk penanaman pohon.

    “Saya juga mengajak para pegawai Kementerian BUMN dan karyawan BUMN agar dapat berpartisipasi dalam Bulan Menanam Pohon Nasional dengan berdonasi melalui QR Code,” kata Erick.

    Hasil dari Donasi pohon yang terkumpul tersebut akan nantinya dibelikan bibit pohon endimik yang akan ditanam di Danau Toba, Sumatera Utara.

    Direktur PTPN Mohammad Yudayat berharap, program Rehabilitasi Lahan Kritis yang dimulai dari areal PTPN VIII dapat menjadi harapan baru bagi keberlangsungan lingkungan yang lebih baik. Dukungan dari berbagai pihak mulai dari pemerintah, pihak swasta, organisasi non pemerintah, aktivis lingkungan, masyarakat dan pihak lain sangat dibutuhkan  sebagai bentuk kolaborasi dan menjadi salah satu kunci utama keberhasilan program ini.

    BACA JUGA: PTPN VIII Perbaiki Kinerja Keuangan Melalui EBITDA Transformation Program

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img