spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    5 Penyebab Vagina Kering, Catat Bun!

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: wanita yang sudah menopouse umumnya Kekeringan vagina. Tetapi, ternyata vagina kering juga bisa dialami oleh wanita di segala usia.

    Peradangan dan penipisan pada dinding vagina karena penurunan esterogen ini dapat membuat tidak nyaman apalagi saat berhubungan seks.

    Berikut 5 Penyebab vagina kering.

    1. Penggunaan obat

    Ilustrasi. (web)

    JIka mengalami  vagina kering tanpa merasa sudah melakukan sesuatu yang salah, maka periksa obat apa yang sudah kamu minum.

    BACA JUGA: Anak Pengidap Diabetes Bisa Divaksin COVID-19, Kenali Juga Berikut Gejalanya

    Kandungan Antihistamin dalam obat memiliki efek penurunan lubrikasi vagina. Biasanya kandungan itu terdapat pada obat flu. Hidungmu memang sembuh, tapi vaginamu jadi kering.

    2. Hormon

    Ilustrasi. (web)

    Biasanya, perubahan hormon paling drastis terjadi saat setelah melahirkan, menyusui, premenopouse atau menopouse. Pada masa inilah penurunan esterogen yang membuat vagina jadi kering.

    3. Alergi

    Ilustrasi. (web)

    Kamu pasti sudah tahu bahwa selain mata, vagina adalah organ tubuh yang bisa membersihkan dirinya sendiri. Tapi, vagina juga adalah organ paling sensitif. Dia bisa alergi kalau kamu menggunakan deterjen yang terlalu kuat untuk celana dalammu. Atau bahkan dengan tisu toilet, vagina bisa alergi dan membuatnya kering.

    4. Stress

    Ilustrasi. (web)

    Kecemasan dan stres bisa mengacaukan bukan hanya kepalamu tapi juga vaginamu. Hal ini menyebabkan sulitnya untuk merasa terangsang karena terjadinya penurunan esterogen. Vagina yang kering dan kurang pelumas akan membuat hubungan seks jadi tidak nyaman.

    5. Alat kontrasepsi

    Ilustrasi. (web)

    Kebanyakan alat kontrasepsi memiliki efek samping bagi vagina. Salah satunya itu memicu turunnya pelumas alami pada wanita. Makanya tidak jarang wanita yang menggunakan alat kontrasepsi rentan dengan kekeringan vagina.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img