spot_img
Jumat 26 November 2021
spot_img
spot_img

5 Penyebab Vagina Kering, Catat Bun!

BANDUNG,FOKUSJabar.id: wanita yang sudah menopouse umumnya Kekeringan vagina. Tetapi, ternyata vagina kering juga bisa dialami oleh wanita di segala usia.

Peradangan dan penipisan pada dinding vagina karena penurunan esterogen ini dapat membuat tidak nyaman apalagi saat berhubungan seks.

Berikut 5 Penyebab vagina kering.

1. Penggunaan obat

5 Penyebab Vagina Kering, Catat Bun! 1
Ilustrasi. (web)

JIka mengalami  vagina kering tanpa merasa sudah melakukan sesuatu yang salah, maka periksa obat apa yang sudah kamu minum.

BACA JUGA: Anak Pengidap Diabetes Bisa Divaksin COVID-19, Kenali Juga Berikut Gejalanya

Kandungan Antihistamin dalam obat memiliki efek penurunan lubrikasi vagina. Biasanya kandungan itu terdapat pada obat flu. Hidungmu memang sembuh, tapi vaginamu jadi kering.

2. Hormon

5 Penyebab Vagina Kering, Catat Bun! 2
Ilustrasi. (web)

Biasanya, perubahan hormon paling drastis terjadi saat setelah melahirkan, menyusui, premenopouse atau menopouse. Pada masa inilah penurunan esterogen yang membuat vagina jadi kering.

3. Alergi

5 Penyebab Vagina Kering, Catat Bun! 3
Ilustrasi. (web)

Kamu pasti sudah tahu bahwa selain mata, vagina adalah organ tubuh yang bisa membersihkan dirinya sendiri. Tapi, vagina juga adalah organ paling sensitif. Dia bisa alergi kalau kamu menggunakan deterjen yang terlalu kuat untuk celana dalammu. Atau bahkan dengan tisu toilet, vagina bisa alergi dan membuatnya kering.

4. Stress

5 Penyebab Vagina Kering, Catat Bun! 4
Ilustrasi. (web)

Kecemasan dan stres bisa mengacaukan bukan hanya kepalamu tapi juga vaginamu. Hal ini menyebabkan sulitnya untuk merasa terangsang karena terjadinya penurunan esterogen. Vagina yang kering dan kurang pelumas akan membuat hubungan seks jadi tidak nyaman.

5. Alat kontrasepsi

5 Penyebab Vagina Kering, Catat Bun! 5
Ilustrasi. (web)

Kebanyakan alat kontrasepsi memiliki efek samping bagi vagina. Salah satunya itu memicu turunnya pelumas alami pada wanita. Makanya tidak jarang wanita yang menggunakan alat kontrasepsi rentan dengan kekeringan vagina.

(Agung)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img