spot_img
Kamis 25 November 2021
spot_img
spot_img

Anies Baswedan: Lokasi Formula E Bukan Urusan Jokowi!

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, buka suara terkait penentuan lokasi sirkuit Formula E yang disebut diputuskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Enggak ada. Loh, masa lokasi presiden. Ya enggak lah. Lokasi kok masa urusan presiden,” kata anis, di Kompleks Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Penentuan lokasi sirkuit oleh Jokowi itu disampaikan oleh Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, saat menggelar konferensi pers pada Rabu (24/11/2021) malam.

BACA JUGA: Sekali Balapan, Formula E Habiskan Biaya Rp357 M!

Anies mengatakan, pihaknya sudah meminta Bambang Soesatyo untuk mengklarifikasi ucapannya.

“Saya tadi sudah minta. Nanti IMI akan melakukan klarifikasi soal ini. Masa soal lokasi ke presiden,” kata dia, seperti dilansir IDN.

Dia juga mengatakan, pihak yang memiliki domain untuk memutuskan lokasi sirkuit adalah Formula E Operations (FEO), Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro.

“Tiga itu (yang memutuskan lokasi),” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo membocorkan lima lokasi alternatif sirkuit itu yang digelar pada 4 Juni 2022 mendatang.

Bamsoet mengatakan, lima lokasi tersebut akan disodorkan kepada Presiden Joko Widodo.

“PIK, Sudirman, JIS, Ji-Expo, Ancol, ini yang akan kami suggest ke Presiden untuk memilih,” kata Bamsoet.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno Faldo Maldini mengatakan, pemilihan jalur Formula E tidak ada kaitannya Jokowi.

Faldo mengatakan, pemilihan lokasi sirkuit adalah ranah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

“Kami perlu tegaskan bahwa, sejak awal, inisiatif, skenario pembiayaan, dan kepanitiaan penyelenggaraan Formula E menjadi domain Pemprov DKI. Oleh karena itu, semua terkait Formula E menjadi tanggung jawab Pemprov DKI,” kata Faldo, Kamis (25/11/2021).

(Agung)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img