spot_img
Minggu 28 November 2021
spot_img
spot_img

Sah! Pengurus KORMI Tasikmalaya Dilantik

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi Jawa Barat, Denda Alamsyah melantik ketua dan jajaran pengurus KORMI Kabupaten Tasikmalaya periode 2021-2025, di gedung paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (18/11/2021).

Berdasarkan lampiran surat keputusan nomor 249/KORMI-JB/XI/2021, susunan pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia Kabupaten Tasikmalaya. Ketua Cecep Nuryakin yang juga merupakan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

BACA JUGA: Pesan Kebangsaan Kang Aher ke PWS Sumatera Utara

Kemudian Sekretaris Andri Hermawan membawahi dua orang anggota dan Bendahara Dina Nurdiana membawahi dua orang anggota.

kormi fokusjabar.id
(foto Farhan)

Dalam amanatnya, Denda menegaskan, KORMI merupakan mitra strategis pemerintah untuk mewujudkan jati diri dan ketahanan nasional bangsa Indonesia, melalui kiprah dan kinerja dalam pengembangan olahraga rekreasi dan olahraga masyarakat.

“Hari ini saya secara resmi melantik dan mengukuhkan pengurus KORMI Kabupaten Tasikmalaya masa bakti tahun 2021-2025. Harapan saya, seluruh pengurus dapat bersinergi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi mendukung pembangunan olahraga nasional, khususnya dibidang olahraga rekreasi dan olahraga masyarakat,” kata Denda.

Agenda utama, pertama adalah konsolidasi organisasi dan membangun kolaborasi dengan induk-induk olahraga yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

“Di Jabar, kami sudah berkolaborasi dengan 23 induk olahraga dan mereka sudah bergabung. Seperti Persatuan Pencak Silat Indonesia, persatuan Barongsay, tantangan dan petualangan seperti BMX, free style dan lainnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, KORMI merupakan organisasi mandatori dimana pemerintah memandatkan terkait olahraga rekreasi masyarakat dengan target Indonesia bugar tahun 2025. Sehingga keberadaannya harus didukung sepenuhnya oleh pemerintah terutama dalam hal anggaran.

“Tidak menyalahi aturan jika organisasi kami mendapat hibah berturut-turut atau rutin dari pemerintah. Sebab memiliki misi untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, bugar dan gembira,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Al Ayubi menyebutkan, pihaknya sangat menyambut baik kehadiran Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia di Kabupaten Tasikmalaya dan mengapresiasi terbentuknya kepengurusan yang memiliki kapasitas serta pengalaman dalam duania olahraga rekreasi selama ini.

“Saya pastikan, DPRD mendukung sepenuhnya terhadap Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia termasuk organisasi-organisasi yang mendukung adanya peningkatan kebahagiaan masyarakat,” kata Asep.

Menurutnya, di beberapa daerah maju di Indonesia, mereka sudah berbicara tentang indeks kebahagiaan. Sedangkan di Kabupaten Tasikmalaya khususnya, masih berkutat dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Kami menaruh harapan besar kepada Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia ke depan dapat menumbuhkan semangat olahraga rekreasi masyarakat dan bermuara dalam kebahagiaan masyarakat yang sehat dan gembira,” ucapnya.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tasikmalaya Nana Heryana mengatakan, olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan gaya hidup.

“Permasalahan terbesar saat ini adalah derajat kebugaran masyarakat Kabupaten Tasikmalaya saat ini masih rendah yakni dibawah 18 persen. Maka dengan gerakan hidup sehat dan ayo olahraga diharapkan mampu menjawab permasalahan tersebut,” kata Nana.

Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia lanjut dia, diharapkan mampu menumbuhkan semangat bagi seluruh lapisan masyarakat untuk olahraga secara rutin dan teratur serta tetap bergembira.

(Farhan)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img