spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Emil akan Bahas Pemulihan Sungai Citarum di KTT-COP26

    SKOTLANDIA,FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) akan mempresentasikan perkembangan Sungai Citarum pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemimpin Dunia COP26 di Venue Indonesia Pavilion at COP 26 – UNFCCC, Glasgow, Skotlandia, Selasa (2/11/2021).

    Emil akan menjadi salah satu panelis dalam dialog yang bertema “Panel Dialogue: Scaling Up Governance and Collaborative Actions In Combinating Marine Plastic Litter Towards Climate Actions In Indonesia.”

    Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jabar Prima Mayaningtias mengatakan, Emil akan mempresentasikan soal Implementasi Pengelolaan Sampah Plastik Laut dan Sampah Terpadu, melalui Pendekatan Terpadu dari Hulu ke Hilir: Pembelajaran dari Program Restorasi Sungai Citarum.

    BACA JUGA: AS Tetiba Lancarkan Kritik Keras ke Israel, Ada Apa?

    “Pak Gubernur akan memaparkan hal itu setelah sebelumnya Pak Menko Marves menyampaikan tentang Kemajuan Implementasi Rencana Aksi Nasional Pengurangan Sampah Plastik Laut dan aksi kolaboratif dengan durasi yang diberikan itu selama 15 menit,” kata Prima pada Tim Humas Jabar di Skotlandia.

    Tak hanya dari Indonesia, akan hadir juga Menteri Lingkungan Hidup Denmark, Chairman of Minderoo Foundation. Chairwoman of Indonesia National Plastic Action Partnership (NPAP).

    Diharapkan presentasi Gubernur dan Menko Marves dunia akan tahu komitmen Indonesia dalam upaya-upaya perbaikan untuk perubahan atau penurunan emisi gas CO2 melalui program Citarum Harum yang terletak di Jawa Barat.

    Sungai Citarum membentang sepanjang 270 kilometer dan merupakan yang terpanjang di Jawa Barat. Air Citarum berumber dari tujuh mata air di kaki Gunung Wayang yang berkunpul di Situ Cisanti, Kabupaten Bandung. Citarum bermuara di Muara Gembong Bekasi menuju Laut Jawa.

    Prima juga mengatakan, dari KTT Pemimpin Dunia COP26 Indonesia dapat berbagi pembaruan dan kemajuan pencapaian target nasional.

    BACA JUGA: Tingkat Pencemaran Sungai Citarum Terpengaruh Kesehatan Lingkungan

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img