spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    IPA Balokang Patrol Banjar Dapat Dinikmati 30 Ribu Jiwa

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy pastikan IPA Balokang Patrol Kota Banjar Jawa Barat (Jabar) dapat mencukupi kebutuhan air bersih hingga 30 ribu jiwa.

    Kepala BBWS Citanduy, Bambang Hidayah mengatakan, Intalasi Pengolahan Air (IPA) Balokang Patrol memiliki kapasitas 50 liter per detik.

    “Sekarang ini tinggal upayanya agar IPA ini bisa bermanfaat untuk kebutuhan warga,” ungkapnya saat melakukan uji alir pipa tranmisi Balokang Patrol, Jumat (29/10/2021).

    Bambang menyebut, saat ini 50 liter per detik sudah sampai ke IPA.

    BACA JUGA: IPA Balokang Patrol Banjar Segera Beroperasi

    “Sekarang tinggal memanfaatkan bagaimana agar 50 liter per detik ini bisa sampai ke masyarakat,” katanya.

    banjar fokusjabar.id
    BBWS Citanduy dan Wali Kota saat meninjau uji alir pipa Balokang Patrol
    (foto Budiana)

    “Untuk sambungan ke warganya nantik teknis pemasangannya oleh Pemkot Banjar melalui Dinas PUPR, dan ditargetkan Wali Kota dalam dua minggu air bisa mengalir ke rumah warga,” sambungnya menambahkan.

    Dia mengatakan, kapasitas 50 liter per detik ini cukup besar. Pemanfaatannya juga bisa dirasakan lebih dari 4.000 KK.

    “Jadi jika dihitung dalam 1 KK ada 7 jiwa, maka pemanfaatan IPA Balokang Patrol bisa dinikmati hingga 30 ribu jiwa,” kata dia.

    Sedangkan untuk kualitas airnya, Bambang mengatakan,  air akan bersih saat sampai ke rumah warga karena sudah melalui proses endapan.

    Bambang menambahkan, untuk antisipasi ketika sewaktu-waktu listrik mengalami gangguan pihaknya juga sudah menyediakan genset.

    Sementara informasi yang terhimpun FOKUSJabar, pembangunan IPA Balokang dimulai sejak tahun 2014. Namun hasil pembangunanya dinilai kurang maksimal dan belum dioperasikan.

    Tahun 2021 pembangunan IPA Balokang Patrol kembali di maksimalkan dengan pagu anggaran Rp12,7 milyar. Harapannya, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

    (Budiana Martin/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img