spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Seniman 9 PTS se Indonesia Gelar FKI X1 2021

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Seniman dari 9 perguruan tinggi seni se-Indonesia menggelar Festival Kesenian Indonesia ( FKI) XI 2021. Ratusan karya dari para seniman yang berpartisipasi pun digelar dalam festival tersebut.

    Selain menghibur masyarakat, Festival Kesenian Indonesia XI 2021 ini pun memberikan ruang bagi seniman untuk berkarya meski melalui virtual.

    Ketua Pelaksana Festival Kesenian Indonesia XI 2021 Ismet Ruchimat mengatakan, perhelatan bertajuk ‘INDONESIAN ART SPIRIT : Diversitas & Ekosistem Budaya’ ini menjadi ajang silaturahmi Perguruan Tinggi Seni (PTS) sekaligus sebagai ajang mempresentasikan keberadaan serta keragaman seni pertunjukan Indonesia melalui karya mahasiswa ISBI Bandung. Terlebih kegiatan ini bisa memajukan kebudayaan nasional.

    “Ini jadi ajang silaturahmi mahasiswa seluruh PTS se Indonesia dalam konsentrasi pemajuan kebudayaan nasional melalui inovasi karya seni mahasiswa, khususnya ISBI Bandung,” kata Ismet,  Senin (26/10/2021).

    Seniman
    Festival Kesenian se Indonesia XI 2021 digelar sebagai ajang unjuk gigi dan silaturahmi mahasiswa (foto ist)

    Tidak hanya itu, perhelatan ini pun akan memberikan ruang bagi keanekaragaman budaya secara maksimal, di mana setiap entitas budaya memungkinkan memiliki pertumbuhan dengan dirangsang oleh mahasiswa seni akademi Bandung kepada masyarakat.

    Adapun tujuan lain dari festival kesenian ini, yakni menjadi media apresiasi bagi mahasiswa seni akademisi juga masyarakat terkait perkembangan serta kemajuan seni budaya di Indonesia.

    “Nantinya kegiatan ini akan diikuti oleh 9 perguruan tinggi seni, seperti ISBI Aceh, ISI Padang Panjang , ISBI Bandung, Institut Kesenian Jakarta, ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya, ISI Denpasar, dan ISBI Tanah Papua, ” kata Ismet.

    BACA JUGA: Seniman Kota Banjar Siap Kembali Hibur Masyarakat

    Pada prosesnya, acara dibagi tiga segmentasi, yakni pertunjukan, pameran (eksebisi virtual) dan seminar internasional.

    Pertunjukan
    Segmen ini menggadirkan konten yang didelegasikan oleh setiap PTS, yakni karya mahasiswa dengan bentuk pertunjukan yang inovatif.

    Dalam segmen pertunjukan ini ada karya musik, karya tari, karya teater, dan ada karya film dokumenter.

    Pameran (eksibisi virtual)
    Pameran virtual akan diisi karya-karya mahasiswa seni rupa dan fotografi dari perguruan tinggi seni se-Indonesia selain ISBI Bandung.

    Seminar Internasional
    Di segmen ini akan hadir para praktisi dan pegiat seni secara dinamis baik nasional maupun internasional.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img