spot_img
Senin 22 April 2024
spot_img
More

    Kominfo Ungkap Kebocoran Data KPAI & Bank Jatim

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Kementerian Kominfo buka suara soal kebocoran data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Bank Jatim minggu lalu.

    Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi mengatakan, prosedur pengoptimalan tetap berjalan dengan baik. KPAI juga bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk meminimalisir kebocoran lebih lanjut.

    “Kita lakukan berkoordinasi BSSN yang memiliki fungsi untuk mendampingi PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) mencegah potensi kebocoran data lebih lanjut. KPAI langkah-langkah pencegahan untuk meminimalisir melebarkan kebocoran data,” kata Dedy, Jakarta, Senin (25/10/2021).

    Dedy mengatakan, pihaknya juga melakukan langkah-langkah kebocoran data tersebut. Pada KPAI di tanggal 21 Oktober 2021, pihaknya mengklarifikasi ke KPAI soal data yang diperlukan untuk investigasi.

    Sementara itu, untuk bank Jatim pihak Kominfo masih menunggu klarifikasi. Direksi bank tersebut juga telah dipanggil.

    “Di saat bersamaan pemanggilan kepada direksi pimpinan bank Jatim. Di dalam investigasi kebocoran data pribadi atau dugaan pribadi,” kata dia, seperti dilansir CNBC.

    Dedy juga meminta pada platform digital untuk memperhatikan keamanan sistem dan keamanan data. Mulai dari perhatikan tata kelola perlindungan data pribadi.

    “Perbaikan pemutakhiran upgrading teknologi perlindungan data pribadi,” ungkapnya.

    BACA JUGA: Sertifikat Vaksinasi Jokowi Bocor, Ini Kata Kominfo

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img