spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    Legenda! Pedangdut Ellya Khadam jadi Ikon Google Doodle

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pedangdut Ellya Khadam muncul pada halaman muka Google Doodle Hari ini, Sabtu (23/10/2021).

    Google memasang gambar Pedangdut itu untuk memperingati ulang tahun Ellya Khadam yang ke-93 tahun.

    Ellya Khadam
    halaman muka Google Doodle. Sabtu (23/10/2021).

    Doodle Ellya dibuat oleh seniman Fatchurofi Muhammad asal Semarang. Terlihat ilustrasi pedangdut itu bernuasa merah jambu sambil memegang microphone serta dikelilingi oleh alat musik.

    BACA JUGA: KPAI Blak-blakan Soal Data Bocor yang Dijual di RaidForums

    Ellya Khadam merupakan salah satu pelopor musik dangdut di Indonesia. Ia terkenal dengan lagu Boneka dari India .

    Perempuan bernama asli Siti Alya Husnah itu lahir di Jakarta pada 23 Oktober 1928. Masa remajanya dekat dengan musik pop Malaysia, Deli.

    Selain dikenal dengan nama panggungnya Ellya Khadam, ia juga dikenal dengan nama lain yaitu Ellya Agus dan Ellya M. Haris.

    Kariernya dimulai saat ia bergabung dengan Orkes Melayu Kelana Ria pimpinan Adi Arso dan Munif Bahasuan. Sejak saat itu ia mulai terkenal.

    Beberapa lagu pop Melayu dan dangdut yang dibawakannya membuat nama Ellya Khadam semakin dikenal di dunia hiburan Indonesia.

    Lagu-lagu fenomenal yang pernah dibawakannya yaitu, ‘Boneka dari India’, Djandji’ dan ‘Pergi Tanpa Pesan’ serta lagu ‘Beban Asmara’ ciptaan Munif Bahasuan pada 1961.

    Ellya menikah di usia muda namun bercerai setelah memiliki 2 anak. Beliau meninggal di usia 81 tahun pada 2 November 2009 karena penyakit diabetes yang telah lama ia derita.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img