spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Megaproyek Wisata Jabar yang Masuk WJIS Banyak Dilirik Investor

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dua megaproyek destinasi wisata Jawa Barat yaitu Pasar Kreatif dan Wana Wisata Ciater ditawarkan kepada investor dalam West Java Investment Summit (WJIS) 2021. Dua objek tersebut telah masuk dalam Brown book atau perencanaan dan kesediaan lahan sudah siap serta regulasi sudah ada.

    Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar Dedi Taufik  mengatakan, sudah banyak yang tertarik untuk menanamkan modal di dua megeproyek tersebut.

    “Nah kita sudah ada daftar di WJIS masuk dalam brown book itu dua. Di bidang parekraf dikelola BUMD PT Jaswita itu pengembangan Ciater, ada lahan 450 ha. Berikutnya pengelolaan Pasar Kreatif yang ada di Kota Bandung, Jalan Pahlawan, kurang lebih lahannya 4 ha,” kata Dedi, Jumat (22/10/2021).

    Dedi optimistis realisasi dua proyek itu bisa membantu pertumbuhan ekonomi Jabar secara signifikan. Pasalnya, potensi penyerapan sumber daya manusia (SDM) sangat tinggi, begitu pula dengan transaksi ekonomi.

    BACA JUGA: Persib Taklukkan PSS Sleman 4-2

    “Investasi ini baik, yang di Ciater itu kurang lebih nilainya Rp 1,3 triliun. Yang Pasar Kreatif juga lumayan. Sangat menjanjikan untuk pertumbuhan ekonomi Jabar ke depan di masa pandemik. Dalam prosesnya banyak yang tertarik untuk menanamkan modalnya,” kata dia.

    Upaya merealisasikan rencana ini dalam ajang WJIS, pihaknya menggandeng BUMD Jaswita. Salah satu tujuannya membuat perusahaan daerah berdaya.

    “Saya pikir BUMD harus berdaya. Harus ada terobosan dalam investasi. Kita membuat megaproyek di Jabar. Ini yang dilakukan. Semuanya BUMD yang mulai. Wadahnya dalam WJIS,” kata dia.

    BACA JUGA: WJIS 2021 kembali Digelar, Investasi Jabar Masih Jadi Primadona di Masa Pandemi

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img