spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Legislator Golkar Apresiasi Inovasi Pemuda Ciamis Membuat Mesin Perontok Padi

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dalam agenda reses, Anggota DPR RI Fraksi partai Golkar, Agun Gunandjar Sudarsa kunjungi pemuda pelopor pembuat mesin perontok Padi mini di Desa Baregbeg Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis Jawa Barat (Jabar), Minggu (17/10/2021) kemarin.

    Dalam kunjungannya, Agun membli 20 paket mesin perontok padi. Rencananya, mesin tersebut akan dibagikan kepada para kelompok tani.

    Agun mengatakan, inovasi teknologi yang dilakukan Zuhri pemuda asal Lakbok ini diharapkan bisa menginspirasi kepada para pemuda lainnya.

    BACA JUGA: Atalia Sambangi Keluarga 11 Santri di Ciamis Korban Susur Sungai

    Menurutnya, mesin perontok padi mini tersebut dinilai bisa memberi kemudahan pengembangan usaha teknologi tepat guna dalam mengembangkan dan mengaplikasikan sebagai solusi permasalahan teknologi bagi petani dan masyarakat.

    “Saya lihat mesin perontok ini ringan dan mudah dibawa karena ukurannya mini serta sistem kerjanya pun sangat efektif,” kata legislator partai Golkar.

    Agun menyebut, 20 unit mesin tersebut akan diberikan ke kelompok tani. Jika dalam dua kali panen tidak ada kendala dan masih bagus, Dia berjanji akan kembali membeli 20 unit.

    Dia berharap, pemerintah bisa memberikan support yang lebih baik terutama dalam pemasaran produktif.

    Anggota DPR RI Fraksi Golkar ini juga berjanji akan ikut mengembangkan dengan memasarkan ke berbagai daerah yang lahan pertaniannya cukup potensial.

    “Saya doakan semoga Zuhri yang saat ini sedang menunggu hasil kejuaraan lomba pemuda pelopor di tingkat Nasional bisa menjadi kampiun dan nantinya bisa lebih menginspirasi pemuda-pemuda yang lain untuk berinovasi,” ungkapnya.

    Sang pelopor mesin perontok padi, Samsul Zuhri mengucapkan terima kasih kepada Agun selaku wakil rakyat yang telah berkunjung.

    Terkait pembuatan mesin perontok padi mini, untuk meningkatkan pekerjaan petani dalam proses pengolahan hasil pertanian pascapanen.

    “Semoga apa yang telah saya lakukan, ke depannya banyak pemuda-pemudi kreatif yang peduli lingkungan sekitar dan mandiri, baik secara ekonomi maupun sosial,” katanya.

    “Saya minta doanya agar menjadi juara lomba pemuda pelopor tingkat nasional,” singkat legisltor partai Golkar.

    (Riza M Irfansyah/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img