spot_img
Senin 29 November 2021
spot_img
spot_img

PT BIJB Dukung Layanan Logistik Produk Perikanan dan Kelautan Jabar

BANDUNG,FOKUSJABAR.ID: PT Bandar udara Internasional Jawa Barat (BIJB) siap menjadikan Bandara Kertajati bagian dari rantai pasok produk kelautan dan perikanan Jawa Barat.

hal itu disampaikan manajemen BIJB di acara “Forum Industri Pengolahan Ikan Skala Menengah Besar” yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Pemerintah Provinsi Jawa Barat di area kedatangan internasional, Bandara Internasional Kertajati.

Dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat Hermansyah dan Kepala Bidang Pilahsar Erlina Dai Saputra, kegiatan tersebut bertujuan untuk merangsang para pengusaha di bidang usaha perikanan.

BACA JUGA: Pegadaian Resmi Ganti Nama, Ini Alasannya

“Ini agar dapat memaksimalkan pengolahan ikan dengan target skala besar termasuk kegiatan distribusinya, khususnya kegiatan ekspor dan impor, agar tercapainya benefit perekonomian secara makro,” kata Hermansyah dalam keterangan resmi PT BIJB, Jumat (15/10/2021).

Direktur PT BIJB Muhamad Singgih mengatakan, kesiapan PT BIJB mendukung kegiatan tersebut agar suppy chain komoditi perikanan berjalan dengan baik.

“Dalam konteks kesiapan fasilitas Bandara, Bandara Kertajati sudah sangat siap untuk melaksanakan kegiatan ekspor dan impor ataupun pengangkutan kargo dalam dan luar negeri. Di tinjau dari sisi operasional penerbangan sudah beroperasi sejak 2018 dan fasilitas gudang kargo sudah tersertifikasi oleh regulator, tinggal barang apa yang akan dikirimkan atau didatangkan melalui Bandara Kertajati,” kata Singgih.

VP of ICT PT BIJB Agus Sugeng Widodo mengatakan, terdapat banyak keunggulan yang didapat dari fasilitas kargo Bandara Kertajati, antrian pelayanan gufang lebih cepat, karena tidak ada antrian kargo Incoming dan Outgoing.

“Biaya SMU, jasa gudang dan pemeriksaan RA lebih murah dibanding bandara lain. Jarak dan waktu tempuh yang lebih pasti juga tingginya demand atas pengiriman kargo (terutama General Cargo/e-commerce),” katanya.

Ke depan pihaknya juga memprediksi ada potensi peningkatan frekuensi dan pengembangan rute. Layanan kargo Kertajati makin lengkap usai ditetapkan sebagai Kawasan Pabean (Kepmenkeu No. Kep-847/WBC.09/2019).

“Pengelola Terminal Kargo telah memiliki sertifikat ISAGO (IATA Safety Audit for Groud Operations),” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatangan Surat Pernyataan dukungan pemanfaatan integrasi logistik produk kelautan dan perikanan melalui pemanfaatan Bandarudara Internasional Jawa Barat, Kertajati, Majalengka.

Penandatanganan tersebut diwakili oleh Didit Tri Prastyo, Direktur Operasional PT Citradimensi Arthali serta Ferly Kurnia Santoso, Factory Manager PT Pahala Bahari Nusantara sebagai perwakilan dari Industri Pengolahan Ikan Skala Menengah Besar dan Muhamad Singgih, sebagai Direktur PT BIJB (Perseroda).

BACA JUGA: PT BIJB Dukung Mendukung Pasar Porang untuk Sukseskan Petani Milenial

(Agung)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img