spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    52 Jet Tempur Cina Serbu Taiwan, Ada Apa Ini!

    TAIWAN,FOKUSJabar.id: Hubungan Cina-Taiwan makin memanas. Jet tempur Cina dikabarkan melakukan serbuan di Selat Taiwan.

    Seenyakan 52 jet tempur Cina dilaporkan melakukan patroli ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan, Senin (4/10/2021).

    “52 pesawat Cina termasuk 34 jet tempur J-16, 12 pembom H-6, dua pesawat tempur SU-30, dua pesawat perang anti kapal selam Y-8 dan dua pesawat peringatan dini KJ-500 dan pesawat kendali, ” kata kementerian Taiwan, seperti dilansir CNN, Selasa (5/10/2021).

    BACA JUGA: Rusia Ancam Blokir YouTube, Ada Apa Ini?

    Ini jumlah tertinggi sejak pulau itu mulai melaporkan tekanan Cina sejak tahun lalu, setelah sebelumnya menerjunkan 39 jet tempur pada Sabtu (2/10/2021).

    Kementerian menyebut semua pesawat tempur Cina diarahkan ke bagian paling barat daya ADIZ Taiwan.

    Kementerian Pertahanan Taiwan sendiri memberikan peringatan radio dan sistem rudal untuk memantau aktivitas tersebut.

    “Berbalik dan segera pergi,” tulis media itu mengutip rekaman radio angkatan udara Taiwan, seperti dilasnir CNBC.

    Tentara Pembebasan Rakyat Cina (PLA) memang tengah melakukan latihan militer. Latihan bahkan diperluas hingga dekat Taiwan.

    Amerika Serikat (AS), sekutu Taiwan mengecam keras tindakan Cina. Negeri Presiden Joe Biden menyebutnya tak bertanggung jawab.

    Cina hingga kini menganggap Taiwan bagian dari provinsinya. Sementara pulau itu mengumumkan kemerdekaan dan berdiri sendiri sebagai sebuah negara.

    “Latihan udara berulang didedikasikan untuk mengirim pesan yang jelas dalam hal ini,” kata Lionel Fatton, seorang profesor di Universitas Webster di Swiss.

    “Selama Taiwan tidak mengambil langkah … menuju kemerdekaan atau otonomi yang lebih besar di kancah internasional, pertempuran tidak mungkin terjadi.”

    BACA JUGA: Empat Industri Ternama Taiwan akan Hadir di Taiwan Expo 2020

    (Agung)

     

     

    Berita Terbaru

    spot_img