spot_img
Senin 11 Oktober 2021
spot_img
spot_img

Tuntut Kadinsos Bandung Lengser, Ratusan Massa Berunjukrasa

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ratusan massa yang tergabung dalam Ormas Manggala Garuda Putih berunjukrasa di depan kantor Wali Kota Bandung, Jalan Wastukencana,Kota Bandung, Jabar, Selasa (5/10/2021).

Mereka datang untuk meminta wali kota segera mengevaluasi kinerja Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Tono Rusdiantono yang dinilai gagal.

“Pak Wali Kota harus bertanggungjawab dan mencopot Kadinsos yang telah ‘membiarkan’ anak terlantar dan gelandangan,” kata Kabiro DPP Manggala Garuda Putih Agus Satria. 

Manggala Garuda Putih dan Anak Jalanan Indonesia (AJI), kata dia, telah menginventarisasi bahwa masih ada anak terlantar dan gelandangan di 23 titik di Kota Bandung.

“Kami telah berdiskusi dengan Kesbangpol terkait hal ini. Jika ini tidak ditindaklanjuti, maka kita akan teruskan dan melaporkan adanya penyimpangan anggaran. Kita akan terus berjuang sampai pemerintah memerhatikan tuntutan kita,” kata dia.

BACA JUGA: PPKM Level-2, Polsek Rajadesa Bagikan Masker Kepada Warga

Adapun tuntutan mundur terhadap Kadinsos Kota Bandung, adalah alasan kinerja. Pihaknya menilai bahwa Tono gagal mengentaskan kemiskinan dan gelandangan di Kota Bandung. 

“Setelah di razia bersama Satpol PP, dan dibawa ke tempat rehabilitasi, mereka anak jalanan ini lalu di lepas lagi. Kita perhatikan selalu seperti itu. Seharusnya Dinsos ini ada kerja sama dalam hal pembinaan dengan pihak-pihak lain,” kata dia. 

Berdasarkan pantauan Fokusjabar.id di lapangan, ratusan masa mulai mendatangi kantor wali Kota Bandung pada pukul 10:00 WIB. Dalam aksinya mereka menampilkan teaterikal dengan simbol-simbol, seperti kuda lumpung dan hanoman. 

 

Tuntut Kadinsos Bandung Lengser, Ratusan Massa Berunjukrasa 1
Ratusan organisasi masyarakat (ormas) tergabung dalam Manggala Garuda Putih menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Wali Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kota Bandung Jabar Selasa (Foto: Yusuf Mugni)

Peserta aksi yang berkostum hanoman dan kuda lumping menaiki pagar dan berlari ke depan pintu kantor Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung. 

Saat melakukan aksi, dua orang berkostum itu memeragakan kuda lumping dan sosok hanuman yang rakus, kemudian pria yang menungagi kuda lumping berlari dan menceeburkan diri di kolam depan kantor wali Kota Bandung sambil memakan ikan hidup-hidup.

BACA JUGA: Pemkot Bandung dan Cimahi Berkolaborasi Atasi Banyak Persoalaan

Puluhan aparat keamanan langsung bergegas menjaga di depan pintu kantor Wali kota Bandung Oded M Danial dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

BACA JUGA: PPKM Level-2, Polsek Rajadesa Bagikan Masker Kepada Warga

(Yusuf Mugni/LIN)

Artikel Lainnya

spot_img