spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Medali Emas Pertama Jabar di PON XX Hadir dari Teluk Youtefa

    PAPUA,FOKUSJabar.id: Kontingen Jawa Barat berhasil meraih medali emas pertama di ajang PON XX/2021 Papua, Selasa (28/9/2021). Medali emas pertama disumbangkan dari cabang olahraga dayung yang bertanding di Teluk Youtefa Holtekam, Jayapura, Papua.

    Tidak tanggung-tanggung, tim dayung Jabar menyumbangkan dua medali emas dan satu perak dari empat pertandingan final yang digelar Selasa (28/9/2021). Jabar sendiri berhasil meraih medali emas di nomor Men Kayak 2 (MK2) 1000 meter dan Men Canoe 2 (MC2) 1000 meter, sedangkan medali perak disumbangkan dari nomor Men Canoe 1 (MC1) 1000 meter.

    Di nomor MK2 1000 meter, duet pedayung Jabar Andri Agus Mulyana/Indra Hidayat menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 3 menit 36.741 detik. Andri/Indra mengalahkan pasangan Kalimantan Tengah, Irwan/Didi yang mencatatkan waktu 3 menit 40 detik serta pasangan Jambi, Sugi/M, Rohmi dengan catatan waktu 3 menit 41 detik.

    fokusjabar.id pon xx dayung jabar emas
    Peraih medali nomor MK 2 1000 meter pada cabang olahraga dayung PON XX. (FOTO: Istimewa)

    Medali emas kedua disumbangkan pasangan Muhamad Yunus/Roby Kuswandi yang turun di nomor MC2 1000 meter. Yunus/Roby mencatatkan waktu terbaik 4 menit 2.986 detik mengalahkan pasangan dari Sulawesi Tenggara, Muh. Burhan/Sofiyanto dan pasangan Ancong Vetli Monim/Yunias Stengkol Kadop (Papua Barat) yang harus puas dengan medali perak dan perunggu. Sedangkan medali perak diraih Yudha Firmansyah dari nomor MC1 1000 meter.

    Peraih medali emas pertama Jabar, Agus dan Indra mengaku jika mereka terlambat start dan sempat tertinggal di 200 meter awal lomba. Di setengah lomba, mereka terus berupaya mengejar dan berhasil memperpendek jarak hingga mampu menyusul di 200 meter terakhir.

    “Dengan raihan ini, tentu kami sangat senang apalagi ini medali emas pertama bagi kontingen Jabar di PON XX. Latihan keras yang kami jalani terbayar dengan raihan medali emas ini,” kata Indra.

    BACA JUGA: Ilmuwan AS Klaim Temukan Obat Penyembuh Covid-19

    Agus menambahkan, medali emas yang berhasil diraihnya bersama Indra dipersembahkan bagi warga Jabar yang terus memberikan dukungan. Termasuk bagi tim dayung Jabar serta jajaran pemerintah dan KONI Jabar.

    “Terima kasih atas dukungan semuanya sehingga kami bisa meraih medali emas,” kata Agus.

    fokusjabar.id pon xx dayung jabar emas
    Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin berfoto bersama peraih medali nomor MC 2 1000 meter. (FOTO: Istimewa)

    Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin menyambut gembira dengan pencapaian dua medali emas dan satu perak dari cabang olahraga dayung yang merupakan andalan Jabar. Raihan medali emas dari cabang olahraga dayung, diharapkan membuka kran medali emas bagi Jabar dan memotivasi cabang olahraga lain untuk meraih medali emas.

    “Syukur Alhamdulillah, ini sesuai prediksi kami dalam raihan medali emas hari ini. Emas pertama dari dayung semoga menjadi pembuka kran emas bagi Jabar di PON XX dan bisa diikuti cabang olahraga lain,” kata Ahmad.

    Sementara manajer tim dayung Jabar, Alia Maedina mengatakan, pihaknya sebenarya menargetkan untuk meraih tiga medali emas dari empat nomor yang mempertandingan babak final pada Selasa (28/9/2021). Namun satu nomor gagal meraih medali emas.

    “Satu nomor yang lepas dari target medali emas kita yakni di nomor MC 1 1000 meter. Meski demikian, raihan ini tetap harus kita syukuri,” kata Alia.

    Tim dayung Jabar sendiri ditargetkan untuk memboyong 13 medali emas dari total 39 medali emas yang diperebutkan. Alia pun menyatakan opyimisme jika target yang sudah dicanangkan bisa terealisasi.

    “Semoga bisa melebihi target yang kita canangkan,” kata dia.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img