spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Jabar Raih 2 Medali Emas di Triathlon PON XX/2021

    PAPUA,FOKUSJabar.id: Jawa Barat memastikan meraih dua medali emas pada pelaksanaan pertandingan cabang olahraga eksebisi PON XX/2021, Triathlon, yang digelar di Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Papua, Rabu (22/9/2021). Dua medali emas bagi Jabar disumbangkan Eva Desiana dari disiplin Duathlon putri dan Zahra Bulan Aprillia Putri dari disiplin Aquathlon putri.

    Eva yang merupakan peraih medali perunggu di SEA Games ke-30 di Philipina pada 2019 itu berhasil menyentuh garis finish pertama dengan catatan waktu 1 jam 11 menit 06 detik. Eva mengalahkan perwakilan Provinsi Jawa Timur, Chomairoh Bella Angriza yang mencatatkan waktu 1 jam 15 menit 31 detik dan Aztrie Ana Irma Azzahra asal Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dengan catatan waktu 1 jam 18 menit 47 detik.

    Sementara Zahra Bulan, menjadi yang terbaik di disiplin Aquathlon dengan catatan waktu 35 menit 53 detik. Disusul Dhea Meisy dari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan catatan waktu 37 menit 46 detik di posisi kedua dan Anggela Patrisia Vanya dari Provinsi DI Yogyakarta (DIY) dengan catatan waktu 37 menit 48 detik.

    Manajer Tim Triathlon Jabar, Dika Chrisna dan Ketua Umum FTI Jabar, Gunaryo mengapit dua atlet peraih medali emas, Eva Desiana dan Zahra Bulan. (FOTO: Istimewa)

    Eva mengaku sangat senang dengan pencapaiannya di ajang PON perdana cabang olahraga triathlon. Meski demikian, dia mengaku catatan waktu yang dicapainya masih belum maksimal.

    “Sangat senang sudah bisa melewati semuanya dengan meraih medali emas, meski hanya cabor eksebisi. Perjuangan, kerja keras, dan pengorbanan selama masa persiapan bisa ditebus dengan hasil ini meski dari catatan waktu belum best time saya,” kata Eva.

    Hal senada diungkapkan Zahra yang bisa menyumbangkan medali emas bagi Jabar dari disiplin Aquathlon. Raihan medali emas tersebut dia persembahkan bagi keluarga, kerabat, teman-teman, para pelatih, KONI dan Pemprov Jabar hingga seluruh masyarakat Jabar yang sudah mendukungnya.

    “Ini merupakan PON pertama bagi cabor Triathlon juga bagi aku, jadi senang dan bangga bisa meraih medali emas meski hanya di cabor eksebisi. Semoga bisa menjadi motivasi dan penyemangat bagi atlet Jabar lain untuk meraih medali emas,” kata atlet yang masih berusia 17 tahun itu.

    BACA JUGA: Pertandingan Panjat Tebing PON XX Siap Digelar, Panitia Adaptasi Cuaca

    Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Jawa Barat, Gunaryo sangat bersyukur dengan pencapaian para atlet triathlon Jabar. Keberhasilan Jabar meraih dua medali emas di cabang Triathlon, merupakan buah dari kerja keras atlet, pelatih dan ofisial ditambah dukungan dari KONI Jabar dan Pemerintah Provinsi Jabar.

    “Dua medali emas pertama untuk kontingen Jabar ini semoga menjadi penyemangat bagi atlet Jabar di cabor lain untuk bisa meraih medali emas. Meski masih dalam cabor eksebisi sehingga raihan medali tidak masuk dalam perhitungan raihan medali kontingen, tapi kami pun merupakan bagian dari warga Jabar yang ingin mengharumkan nama Jabar di PON XX ini,” kata Gunaryo.

    fokusjabar.id pon xx triathlon
    Manajer Tim Triathlon PON XX Jabar, Dika Chrisna diapit dua atlet peraih medali emas, Eva Desiana dan Zahra Bulan. (FOTO: Istimewa)

    Dengan hasil ini, lanjut Gunaryo, diharapkan bisa menjadi modal bagi FTI Jabar untuk bisa meraih prestasi lebih baik kedepan. Tidak hanya di level nasional, tapi juga di tingkat internasional.

    “Kita berharap di PON XXI tahun 2024 nanti di Aceh dan Sumut, Triathlon sudah menjadi cabor resmi yang dipertandingkan. Hasil ini pun bisa lebih memotivasi para atlet untuk meningkatkan kemampuannya dan pengurus triathlon di Jabar lebih fokus dalam membina dan mengembangkan cabang olahraga ini,” kata dia.

    Manajer Triathlon PON XX Jabar, Dika Chrisna menambahkan, Jabar diperkuat oleh delapan orang atlet yang terdiri dari tiga atlet putra dan lima atlet putri. Mereka didampingi oleh empat orang ofisial tim.

    Pada cabang olahraga eksebisi PON XX Triathlon sendiri, dipertandingkan sebanyak enam disiplin nomor. Di hari pertama pertandingan, Rabu (22/9/2021), sebanyak empat disiplin nomor sudah dipertandingan dan Jabar berhasil meraih dua medali emas.

    “Empat nomor yang sudah dipertandingkan yakni Duathlon putra putri dan Aquathlon putri. Besok (Kamis, 23/9/2021) akan dipertandingkan dua nomor terakhir yakni triathlon putra dan putri. Semoga kita bisa kembali meraih medali emas dari dua nomor tersebut,” kata Dika.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img