spot_img
Selasa 16 April 2024
spot_img
More

    Luncurkan Petani Milenial Lebah Madu, Emil Ajak Pemuda Gerakan Ekonomi

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) meluncurkan petani milenial lebah madu di Desa Lengkongjaya, Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya. Ini sebagai kelanjutan program Petani Milenial Juara sebagai solusi dari Pemprov Jabar agar masyarakat bisa bangkit dan keluar dari himpitan ekonomi akibat COVID-19.

    Emil mengajak generasi muda terus menggerakkan ekonomi yang tahan dari disrupsi pandemi, yakni pangan berbasis digital sebagai cara baru dalam menguatkan ekonomi masa depan.

    “Mudah-mudahan ini menguatkan semangat generasi muda kembali ke desa dengan dukungan dari negara berupa penguatan konsep ekonomi, dukungan finansial dan kepastian pembelinya,” kata Emil, Selasa (21/9/2021).

    BACA JUGA: Petani Milenial Ternak Puyuh Dikirim Ke SQF Untuk Tingkatkan Kemampuan

    Untuk diketahui, petani milenial budidaya lebah madu difasilitasi pembiayaannya oleh bank bjb melalui skema kredit usaha rakyat (KUR). Hasil panen nya pun dipastikan dibeli offtaker yang sudah menjalin kerja sama.

    Petani milenial adalah konsep yang harus didukung semua pihak. Salah satu targetnya adalah meminimalisasi ketimpangan ekonomi wilayah.

    “Kita tidak mau lagi melihat ada ketimpangan ekonomi bahwa kalau ingin rezeki yang baik harus pindah ke kota, maka kita buktikan bahwa tinggal desa bisa mendapatkan rezeki kota dan bisnis mendunia,” kata Emil.

    Untuk tahap awal, komoditas lebah madu dibudidaya oleh warga Desa Lengkongjaya. Sejauh ini, Kabupaten Tasikmalaya memiliki potensi besar dalam budidaya lebah madu yang perkembangannya terus menunjukkan peningkatan signifikan.

    Ada dua jenis madu yang sedang dikembangkan di 28 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, yaitu cerana dan trigoma. Tercatat jumlah produksinya mencapai 161,65 kilogram.

    Dia berharap potensi besar ini bisa lebih dikembangkan dan jumlahnya harus terus ditambah. Dia pun akan mengevaluasi program petani milenial ini pada bulan Februari 2022 dengan harapan jumlahnya bisa mencapai lebih dari seribu orang.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img