spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    JNE Karawang Tingkatkan Kapasitas UKM Masuk Pasar Digital

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Indonesia diyakini memiliki peluang besar untuk membangun perekonomian digital yang melibatkan seluruh lapisan penggerak ekonomi bangsa, tak terkecuali Usaha Kecil Menengah (UKM). Dengan 196,7 juta pengguna internet di seluruh Indonesia, para pelaku UKM dituntut untuk melek digital dan mampu memanfaatkan internet sebagai sarana penjualan.

    Melihat urgensi ini, JNE sebagai mitra UKM Karawang mengadakan gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 Kota Karawang. Melalui webinar ini diharapkan UKM di Indonesia, khususnya di Karawang, mampu berkembang dan bersaing di dunia digital, baik dalam skala nasional dan global.

    Sales Regional JNE Jawa Barat, Ros Rohmah mengatakan, penggunaan teknologi di era saat ini menjadi Key Success Factor yang wajib diterapkan para UKM agar tak tertinggal pasar. “Penggunaan e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain sebagainya menjadi salah satu kanal yang harus ditapaki para pelaku usaha,” kata Ros saat membuka webinar Goll..aborasi Bisnis Online, baru-baru ini.

    Branch Manager JNE Karawang, Andre Nurdjianto menambahkan, pentingnya kolaborasi antar stakeholder agar tercipta inovasi-inovasi baru yang mampu direalisasikan UKM Karawang.

    “Kita menekankan kerjasama dengan berbagai pihak, baik itu JNE, pemerintah, dan sektor lain yang memiliki kebijakan yang dapat dikolaborasikan agar mewujudkan pemberdayaan masyarakat itu sendiri,” kata Andre.

    Andre mengatakan, berbagai upaya dilakukan JNE Karawang dalam mendukung dan memberikan solusi bagi UKM di daerahnya. Selain menghadirkan promo berkala, JNE Karawang pun selalu aktif merangkul UKM dalam menghadirkan beragam program seperti apresiasi dengan keanggotaan JLC (JNE Loyalty Card), workshop, dan pelatihan gratis seperti JNE Ngajak Online.

    BACA JUGA: Luncurkan Program KEJAR, Karier.mu Dukung Masyarakat Asah Potensi

    Salah satu aktivitas bisnis yang esensial di era ini adalah pemanfaatan sosial media sebagai sarana penjualan. Hadir sebagai pembicara pada webinar, owner Faris Fashion, Hani Rosyani.

    Hani mengatakan, selama pandemi pihaknya memanfaatkan kanal Instagram dan Tiktok. Pihaknya mulai berjualan melalui sosial media sejak tahun 2011 dengan sosial media Facebook.

    “Harus menyediakan barang yang berkualitas dengan harga terjangkau, up to date dari segi fashion dan meningkatkan value dari segi pelayanan offline maupun online. Karena aku punya pasukan reseller, jadi mereka ikut mempromosikan barang-barang aku dan mempermudah,” kata Hani saat membagikan tips dan trik usahanya.

    Dengan objektif membantu ibu rumah tangga untuk menghasilkan uang dari rumah, Hani berhasil membangun jaringan reseller bagi usahanya. Bagi Hani, reseller mempermudah pemasaran produknya agar diketahui khalayak luas. Saat ini, Faris Fashion pun membuka pintu peluang untuk dropshipper.

    “Ada beberapa yang mau join reseller tapi kendalanya kurang modal, di Faris Fashion asal ada kemauan bisa memulai dulu dengan menjadi dropshipper, tidak perlu foto produk dan capek datang ke toko, jadi tinggal posting saja dulu,” kata Hani.

    Pada gelaran webinar kali ini, JNE Karawang ikut menghadirkan owner Bagelen Terubuk Karawang, Ivy Fariha. Berjualan di kanal digital menuntut para pelaku usaha untuk mampu mempresentasikan produk dengan foto yang indah dipandang. Aspek estetika menjadi salah satu hal utama yang diperhatikan para pelaku usaha saat mengambil foto produk.

    “Saya sering mendengar keluhan jika foto produk beda dengan aslinya, artinya foto itu adalah sebagai etalasae, jangan memanipulasi. Kita harus bisa memilah apa yang akan kita presentasikan jangan sampai berbeda dan meleset, misal produknya coklat tapi terlalu banyak effect tapi jadi kuning,” kata dia.

    Bagi Ivy, keaslian foto produk dan keseusaian foto tersebut dengan kondisi produk yang asli  juga menjadi tanggung jawab tersendiri bagi para pelaku usaha agar konsumen tidak kecewa setelah menerima produk yang dijual. Selain pentingnya menampilkan foto produk, Ivy mengungkap pentingnya mempelajari tren copy writing yang ada untuk menarik para pembeli.

    Sebagai informasi, Karawang merupakan kota ke-46 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 yang sebelumnya telah dilakukan di Ambon. Gelaran webinar ini turut hadir dalam rangka memperingati hari jadi kota Cikarang yang ke-388 pada 14 September 2021.

    Setelah Kota Karawang, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Pangkalpinang pada 17 September 2021. Roadshow di 60 kota di seluruh Indonesia, JNE Ngajak Online 2021 dimulai pada 26 Januari 2021 di Samarinda dan akan berakhir pada 29 Desember 2021 di Ternate.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img