spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Kualifikasi Porprov Jabar XIV Cabor Squash Digelar dengan Prokes Ketat

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pengurus provinsi (Pengprov) Persatuan Squash Indonesia (PSI) Jawa Barat menggelar babak kualifikasi Porprov Jabar XIV setelah tiga kali mengalami penundaan. Pelaksanaan digelar di Siliwangi Squash Center, Jalan Lombok Kota Bandung, 11-18 September 2021.

    Ketua Umum Persatuan Squash Indonesia (PSI) Jabar, Daud Achmad mengatakan, sebelumnya pelaksanaan babak kualifikasi Porprov Jabar XIV sendiri sudah mengalami tiga kali pengunduran karena kondisi pandemi Covid-19. Gelaran kali ini pun sudah mendapatkan ‘restu’ dari Satgas Covid-19 Kota Bandung dengan beberapa pertimbangan.

    “Total ada 127 atlet dari 12 kota/kabupaten yang mengikuti babak kualifikasi ini dan mempertandingkan tujuh nomor pertandingan. Dua daerah yang tidak mengirimkan perwakilannya yakni Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Sukabumi,” kata Daud, Senin (13/9/2021).

    Digelar masih ditengah pandemi Covid-19, pelaksanaan babak kualifikasi Porprov Jabar XIV pun menerapkan protokol kesehatan ketat. Setiap atlet yang akan bertanding, diwajibkan menjalani swab test dan dinyatakan non-reaktif/negatif dari hasil tersebut.

    “Kalau atlet yang terkonfirmasi positif dari hasil swab test, tidak kita perbolehkan untuk bermain. Selain itu, prokes pun kita terapkan di area pertandingan,” kata Daud.

    Sebelum memasuki area pertandingan, lanjut dia, atlet dan pelatih yang akan bertanding dilakukan pengukuran suhu tubuh. Selain itu, pertandingan pun digelar tanpa penonton.

    “Jadi yang berada di lapangan itu hanya atlet dan pelatih yang akan bertanding ditambah wasit dan panitia pertandingan. Tidak ada penonton maupun pengantar atlet seperti saat pertandingan seperti biasa,” Daud menegaskan.

    BACA JUGA: Bola Voli Jabar Bertekad Kawinkan Medali Emas PON XX

    fokusjabar.id porprov jabar xiv squash
    Pertandingan nomor perorangan putra babak kualifikasi Porprov Jabar XIV cabor Squash. (FOTO: Istimewa)

    Dari hasil babak kualifikasi, kata Daud, akan muncul daftar peringkat atlet di setiap nomor pertandingan. Terkait kelolosan atlet akan disesuaikan dengan kuota yang disiapkan oleh tuan rumah Porprov Jabar XIV cabang olahraga squash yakni Kabupaten Bandung Barat.

    “Untuk kelolosan menerapkan sistem entry by name, jadi atlet yang sudah tercatat tidak bisa diganti,” kata dia.

    Hingga hari kedua pertandingan, Senin (13/9/2021), Kota Bandung berhasil menempatkan tiga orang atlet pada babak semifinal nomor perorangan babak kualifikasi Porprov Jabar XIV cabang olahraga squash. Yakni satu atlet di ketagori putri dan dua atlet di kelompok putra.

    Di nomor perorangan putri, Kota Bandung diwakili Maudy Wafa Nadiyah yang akan bertanding menghadapi atlet asal Kabupaten Bandung barat, Silvia Pratami. Maudy berhasil melaju ke semifinal usai mendapatkan bye di babak pertama, lalu mengalahkan Marissa Rizky Herawan (Kota Cimahi) dengan skor 3-0 (11-3, 11-0, 11-2) di babak kedua. Sementara Silvia menghentikan perlawanan Kesi Soraya Noor (Kota Cimahi) dengan skor 11-3, 11-7, dan 11-7.

    Pada laga semifinal perorangan putri lain, akan berhadapan antara Hana Shella Fauziah (Kabupaten Bekasi) kontra Trisha Aryanti Septina (Kabupaten Bandung). Hana melaju ke babak semifinal usai mengalahkan Sherly Handayani (KBB) dengan skor 3-0 (11-3, 11-0, 11-5), sedangkan Trisha mengalahkan Saffa Raisha Putra Ersyam (Kota Bandung) dengan skor 3-1 (11-1, 6-11, 11-1, 11-9).

    Sementara di kelompok putra, Kota Bandung menempatkan dua atletnya yakni Agung Wilant dan M. Nurtastaftyan. Agung akan menghadapi Moh. Alex Maulana (Kabupaten Karawang), sedangan Nurtastaftyan menghadapi Ade Firqon (Kota Bekasi).

    Agung melaju ke babak semifinal usai mengalahkan Kevin Muhammad Rizki (Kabupaten Bandung) dengan skor telak 3-0 (11-1, 11-2, 11-0) di babak kedua setelah mendapatkan bye di babak pertama. Sementara Nurtastaftyan mengalahkan perwakilan Kabupaten Bekasi, Najab Muhammad Al Farabi dengan skor 3-0 (11-0, 11-3, 11-3).

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img