spot_img
Rabu 24 Juli 2024
spot_img
More

    Kemenkumham Bakal Renovasi Blok C Lapas Tangerang

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Kemenkumham memastikan bakal merenovasi Blok C Lapas Kelas 1 Tangerang yang terbakar.

    Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Rika Aprianti mengatakan, renovasi segera dilakukan seiring proses penanganan pasca kebakaran.

    “Pak Menteri sudah sampaikan jika Kemenkumham telah membentuk tim di antaranya pemulihan fisik dan penanganan napi yang luka serta meninggal dunia. Berarti proses renovasi juga dilakukan,” kata Rika Aprianti di Lapas Kelas 1 Tangerang, Jumat (10/9/2021).

    BACA JUGA: Miris! 41 Napi Lapas Tangerang Tewas Terpanggang dalam Sel Terkunci

    Rika mengatakan kondisi yang saat ini di lapas Tangerang over capacity terhadap hunian napi.

    “Lapas yang harus terisi 600 orang, ini ada 2.069 orang. Begitu juga dengan Blok C yang harus diisi 38 orang namun saat kejadian ada 122 orang. Maka itu renovasi akan segera dilakukan,” kata dia.

    Kemenkumham juga terus menjaga kondusivitas di Lapas Kelas 1 Tangerang pascakejadian, misalnya saja pemberian pengobatan kepada napi yang luka serta trauma healing.

    “Kita berikan trauma healing ini kepada semua napi,” katanya, seperti dilansir Antara.

    Kemenkumham pun sudah membentuk lima tim dalam penanganan kasus kebakaran ini mulai dari pengurusan napi yang meninggal, penyelidikan penyebab kebakaran, pemulihan bagi anggota keluarga hingga koordinasi dengan berbagai pihak.

    Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan penyebab kebakaran karena korsleting listrik lantaran tak adanya perawatan instalasi listrik.

    BACA JUGA: Terciduk Bobol ATM, Pria Ini Pura-pura Gila

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img