spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Kesiapan Keamanan dan Kesehatan PON Papua sudah Matang

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua dipastikan akan berjalan lancar karena saat ini seluruh persiapan sudah semakin matang.

    Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat  Marcini Norman mengatakan, seluruh aspek sudah siap mulai dari dari sektor keamanan, kesehatan, hingga akomodasi berjalan dengan baik untuk kesuksesan ajang olahraga terbesar di Indonesia itu.

    “Saya optimis PON Papua akan menjadi wadah pemersatu bangsa, seluruh kontingen di Indonesia dan warga Papua bersatu untuk merayakan pesta olahraga terbesar di Indonesia,” kata Marciano seperti dilansir Antara, Kamis (9/9/2021).

    BACA JUGA: 13 Atlet PON XX Asal Ciamis Dilepas, Terbanyak Sepanjang Sejarah

    Terkait keamanan Marciano mengatakan, untuk di Papua ini sangat dinamis, namun sudah bisa dikendalikan unsure pengamanan yang dikhususkan untuk atlet, ditambah lagi penganaman internal dari TNI dan Polri setempat yang akan mengikuti kelompok kotingen dari masing-masing daerah.

    “Kami sudah menyiapkan prosedur keamanan untuk tindakan darurat. Jadi mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan agar situasi tetap aman,” Marciano menuturkan.

    Marciano menegaskan, untuk penanggulangan COVID-19 juga akan dilakukan melalui prosedur yang sangat ketat.

    Sebelum keberangkatan, setiap peserta harus dinyatakan negatif COVID-19 melalui uji usap PCR. Begitu pula setibanya di Papua, mereka juga akan kembali diuji agar dipastikan tetap negatif.

    Tidak hanya atlet, warga di sekitar lokasi pertandingan juga sudah disuntik vaksin untuk pencegahan penularan COVID-19. Marciano menyebutkan hingga sekarang tingkat vaksinasi di area sekitar venue mencapai 73 persen.

    “Saya harap Pekan Olahraga Nasional bisa jadi momentum kebangkitan Indonesia dari COVID. Melihat pelaksanaan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo yang berjalan baik berkat kerja sama pemerintah dan masyarakat, saya yakin PON juga bisa mewujudkan sinergi baik itu,” kata dia.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img