spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Diisukan Sakit, Korut Cari Pengganti Kim Jong-Un

    KOREA UTARA,FOKUSJabar.id: Korea Utara (Korut) dikabarkan tengah berburu pengganti sang pemimpin, Kim Jong Un.

    Kabar pencarian penerus Kim Jong Un itu muncul di tengah kekhawatiran menurunnya kesehatan pemimpin Korea Utara itu setelah berat badannya turun secara tiba-tiba.

    Seorang pakar Korut, Michael Madden, menyebut sosok misterius Jo Yong Won sebagai ‘kingmaker’, yang akan menyiapkan ‘Kim’ selanjutnya.

    “Kita dapat mengatakan bahwa mungkin Kim Jong-un menetapkan Jo Yong-won sebagai kingmaker – sebagai orang untuk membantu membimbing dan mengarahkan penerus turun temurun,” kata Pengawas Kepemimpinan Korut, afiliasi dari pengawas 38 Utara itu.

    BACA JUGA: Ngeri! Korut Aktifkan Kembali Reaktor Nuklirnya!

    “Mereka pasti membuat keputusan itu dengan memperhatikan transisi,” Madden, seperti dilansir Detik.

    Madden mengatakan, keputusan itu dilakukan dengan memperhatikan transisi potensial, dengan pandangan bahwa pemimpinnya mungkin tidak mampu lagi diperbaiki atau mungkin mati.

    “Masalah kesehatannya menjadi agak genting dan dia milai bersiap untuk suksesi turun temurun. Jadi pada dasarnya mempercayakan kepada 5 atau 6 orang yang kesetiaan dan ambisinya tidak perlu dia pertanyakan untuk dijadikan wali,” kata Madden. 

    Wali ini adalah orang-orang yang mengambil portofolio kebijakan yang sangat besar dan sensitif.
    “Ini adalah orang-orang yang membuat transisi dari Kim Jong-il ke Kim Jong-un seefektif sebelumnya. Mereka semua mengawal Kim Jong-un melalui hari-hari awal itu,” kata dia.

    iSU memburuknya kesehatan Kim Jong Un memang terus bergulir bagai bola salju. Apalagi, desas-desus itu diiringi berbagai bukti yang secara tidak langsung menunjukkan penurunan kesehatan Kim Jong Un.

    Kim Jong Un terlihat tampak lebih kurus. Dia disebut kehilangan lebih dari 18 kg pada Juli lalu. Belum lagi, foto Kim Jong Un menggunakan perban kecil di kepala juga sempat beredar. Meski demikian, menurut Madden, hal itu belum tentu menunjukkan menurunnya kesehatan Kim Jong Un.

    “Apa yang paling mungkin kita lihat adalah bahwa dia memilih untuk menurunkan berat badannya sendiri seperti alasan orang-orang di seluruh dunia yang mengalami obesitas menurunkan berat badan. Ini lebih baik untuk sistem kardiovaskularnya,” kata Madden.

     

    (Agung)

     

     

    Berita Terbaru

    spot_img