spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Ngeri! Korut Aktifkan Kembali Reaktor Nuklirnya!

    KOREA UTARA,FOKUSJabar.id: Pemerintah Korea Utara (Korut) kabarkan telah mengaktifkan kembali reaktor nuklirnya yang digunakan dalam pemrosesan produksi plutonium.

    Badan energi atom Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menyebut perkembangan tersebut ‘sangat meresahkan’.

    Memberitakan AFP, Senin (30/8/2021), perkembangan terbaru di reaktor nuklir Yongbyon ( kompleks nuklir utama Korut) ini mengindikasikan Korut sedang memperluas program senjata terlarangnya dan terjadi saat perundingan nuklir Korut dan Amerika Serikat (AS) terhenti.

    Pemimpin Korut, Kim Jong-Un, menawarkan untuk membongkar kompleks nuklir Yongbyon dalam pertemuan kedua dengan Presiden AS, Donald Trump, beberapa tahun lalu. Tawaran itu sebagai imbalan untuk pencabutan sanksi AS. Namun akhirnya ditolak.

    BACA JUGA: Dipenjara Gegara Genosida, Mantan Presiden Bolivia Coba Bunuh Diri

    “Sejak awal Juli, sudah ada indikasi, termasuk pembuangan air pendingin, yang konsisten dengan operasional reaktor,” sebut badan energi atom PBB, Badan Energi Atom Internasional (IAEA), dalam laporan tahunannya, seperti dilansir Detik.

    Reaktor Yongbyon diyakini tidak aktif sejak Desember 2018 hingga laporan IAEA itu dirilis pada Jumat (27/8) lalu. Para pemeriksa IAEA telah diusir keluar dari Korea Utara tahun 2009, dan sejak saat itu pemantauan dilakukan dari luar.

    Dugaan diaktifkannya kembali reaktor nuklir  itu mengikuti indikasi terbaru bahwa Pyongyang juga menggunakan laboratorium radiokimia terdekat untuk memisahkan plutonium dari sisa bahan bakar yang sebelumnya dikeluarkan dari reaktor.

     

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img