spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Bupati Garut Lantik 4 Kades, Sisanya Secara Virtual

    GARUT,FOKUSJabar.id: Bupati Garut Jawa Barat (Jabar), Rudy Gunawan lantik 214 Kepala Desa (Kades) terpilih hasil pemilihan serentak tahap II Gelombang I, Selasa (8/6/2021) lalu.

    Prosesi pelantikan diselenggarakan secara virtual dan terbatas, hanya dihadiri empat perwakilan Kades beserta pendampingnya. Yakni, Kades Rancabango Kecamatan Tarogong Kaler, Gunardi, Kades Pakenjeng Kecamatan Pamulihan, Sadam Sanjaya, Kepala Desa Tegalgede Kecamatan Pakenjeng, Kartika Ernawati dan Kades Purbayani Kecamatan Caringin, Siti Julaeha.

    Pelantikannya itu sendiri di Ruang Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, Rabu (28/7/2021) yang dihadiri Ketua DPRD Garut, Euis Wartiah, Kapolres, AKBP Wirdhanto Hadicaksono dan perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

    bupati garut fokusjabar.id
    Pelantikan Kades

    BACA JUGA: Bupati Garut: 8 Persen DD Digunakan untuk Jaminan Sosial

    Dalam press conference bersama awak media, Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan, pelantikan kali ini dikombinasikan antara langsung dan virtual karena masih dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

    “Pelantikan kita lakukan virtual sesuai perintah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) karena masih dalam masa PPKM. Meski begitu, ada perwakilan Bupati/Kepala SKPD) yang ada di 40 kecamatan. SK sudah diserahkan, kita ambil sumpah dan pelantikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Semua panitia sudah dinyatakan selesai dan berhenti,” kata Bupati Garut.

    Rudy Gunawan menyebut, sebelum pelantikan digelar, ada dua Kepala Desa terpilih meninggal dunia. Untuk mengisi kekosongan, ditunjuk Kepala Seksi dari pemerintah kecamatan.

    bupati garut fokusjabar.id

    “Jadi ada 218 Kepala Desa yang dilantik. 214 di anataranya Kades terpilih dan tiga orang ditunjuk dan satu orang PAW,” katanya.

    Bupati Garut berpesan, Kades terpilih agar melakukan konsolidasi dengan tokoh masyarakat di desanya masing-masing. Selain itu, sebagai Ketua Satgas Covid-19 tingkat desa untuk melakukan langkah-langkah dalam tracing, vaksinasi dan isolasi mandiri.

    Terkait Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku mendapatkan DD sebesar Rp635 milyar per tahun.

    bupati garut fokusjabar.id
    Rudy Gunawan

    Sementara ADD juga akan ditransfer Pemkab Garut secara langsung ke rekening desa pada awal bulan Agustus.

    “Masing-masing desa mendapatan sekitar Rp70 juta. Sisanya akan kita bayarkan pada bulan Oktober-November,” tutup Rudy.

    (Andian/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img