spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Waspada! Ini Ciri Imun Tubuh Menurun

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Menjaga imunitas tubuh sangat penting di masa pandemi sekarang ini. Tujuannya agar kita tidak mudah terjangkit penyakit, terlebih dari paparan covid-19.

    Berikut Ciri Imun Tubuh Menurun: 

    Sakit Kepala

    Ilustrasi. (web)

    Umumnya sistem imun menurun karena tingkat stres jangka panjang. Imbasnya, kamu merasa sakit kepala beberapa hari belakang ini.

    Pilek

    Pilek atau salesma menjadi tanda sistem imun tubuh lagi menurun. Demikian menurut dokter sekaligus ahli imunologi, Heather Monday, seperti yang dikutip dari laman Mind, Body, Green. Biasanya juga masyarakat kita menganggapnya ‘masuk angin’.

    BACA JUGA: 5 Langkah Tingkatkan Imunitas Secara Alami

    Gangguan Pencernaan

    Kamu merasa sudah makan dengan benar, tapi perut memberikan reaksi diare, kembung, susah pup, maupun kram? Ini pun pertanda sedang lemah.

    Susah untuk Bangun Tidur

    Bukan malas, hanya saja kamu merasa susah untuk bangun tidur, atau bisa juga sebaliknya. Terjaga sepanjang hari. Ini merupakan respons tubuh bahwa kamu lagi kelelahan dan juga jadi tanda kalau sistem imunitas tubuh sedang menurun.

    Nyeri pada Sendi

    melansir Detik, bila sistem imun lagi menurun dalam waktu lama, maka akan muncul peradangan dalam pembuluh darah akibat infeksi, maupun gangguan autoimun. Tandanya, kamu akan mengalami nyeri sendi yang berulang.

    Timbul Masalah pada Kulit

    Kalau sistem imun lagi menurun, tak jarang akan muncul beberapa masalah di kulit seperti reaksi alergi, eksim, infeksi jamur, maupun virus.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img