spot_img
Rabu 17 April 2024
spot_img
More

    5 Langkah Tingkatkan Imunitas Secara Alami

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Imunitas merupakan salah satu benteng pertahanan yang wajib dijaga bagi semua orang. Hal ini cukup penting diperhatikan agar terhindar dari ancaman segala penyakit. Dengan imunitas yang baik, maka anda bisa hidup lebih sehat tanpa takut sakit. Untuk meningkatkan imunitas tubuh secara alami, berikut langkah langkah yang bisa anda terapkan!

    Tips Menjaga dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

    1. Menjaga Pola Makan yang Sehat

    Seperti kebanyakan hal dalam tubuh, pola makan yang sehat merupakan salah satu kunci utama dari sistem kekebalan tubuh yang kuat. Caranya, anda harus memastikan banyak asupan nutrisi dari beberapa substance, seperti buah buahan, sayuran, biji bijian, kacang kacangan, protein tanpa lemak, serta memilih lemak tak jenuh (lemak sehat).

    BACA JUGA: 5 Penyebab Vertigo yang Dapat Terjadi Pada Siapapun, Anda Wajib Tahu!

    Selain memberikan energi yang dibutuhkan untuk daya tahan tubuh, mengkonsumsi makanan sehat juga membantu mendapatkan mikronutrien dalam jumlah yang tepat. Sebagai saran, anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung B6 pada ayam, salmon, pisang, dan sayuran hijau. Selain itu, Vitamin C, ditemukan dalam buah jeruk, stroberi, serta tomat, brokoli, dan bayam.

    Tak berhenti sampai di situ saja, penting bagi anda memenuhi Vitamin E yang dapat ditemukan dalam minyak bunga matahari dan safflower, biji bunga matahari, almond, selai kacang dan bayam. Dengan asupan makanan tersebut, maka penyerapan vitamin bisa lebih efisien dan dapat meningkatkan imunitas tubuh secara alami.

    2. Menjaga Tubuh Agar Tetap Terhidrasi Dengan Baik

    Perlu diketahui, sebagian besar tubuh mengandung setidaknya 70% cairan. Hal inilah yang membuat air memainkan banyak peran penting dalam tubuh Anda, termasuk mendukung sistem kekebalan Anda. Cairan dalam sistem peredaran darah akan membawa sel sel kekebalan penangkal infeksi yang penting di sekitar tubuh Anda, sebagian besar terdiri dari air.

    Jika kekurangan asupan cairan, maka tubuh anda bisa mengalami dehidrasi yang cukup parah. Dehidrasi ini akan memperlambat pergerakan getah bening dan sering kali menyebabkan gangguan sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, pastikan anda menghidrasi tubuh dengan air putih yang cukup agar tidak mengalami gangguan kesehatan.

    3. Tidur Yang Cukup

    Tidur yang cukup juga menjadi salah satu kunci utama agar meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup lebih rentan sakit setelah terpapar virus dan lain sebagainya. Maka dari itu, jaga kualitas tidur jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan bebas penyakit.

    4. Berolahraga Secara Teratur

    Wajib Tahu! Berikut 5 Langkah Meningkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami

    Tak kalah pentingnya, anda juga perlu melakukan olahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan. Olahraga tidak hanya untuk membangun otot saja, tetapi juga mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Dengan olahraga, maka dapat meningkatkan fungsi kekebalan karena dapat meningkatkan metabolisme anda secara keseluruhan.

    5. Meminimalkan Stres

    Seiring berjalannya waktu, manusia bisa saja mengalami stres baik karena pekerjaan, belajar, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya bisa mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan, termasuk sistem kekebalan tubuh. Selama stres, tubuh akan merespons dan menekan sistem kekebalan tubuh. Hal inilah yang dapat meningkatkan kemungkinan infeksi atau penyakit.

    Tingkat stres dan cara meredakannya setiap orang memang cukup berbeda. Maka dari itu, coba atasi masalah ini dengan mengidentifikasi stres. Jika mengatasi stres dengan baik, secara otomatis anda bisa meningkatkan imunitas tubuh. Lakukan langkah sederhana mulai dari pernapasan dalam, meditasi, doa atau olahraga.

    Menjaga tubuh agar tetap sehat bisa dilakukan dengan mudah asalkan anda sendiri memulainya dengan baik. Anda dapat menerapkan pola hidup sehat seperti diet sehat, menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, menjaga kualitas timur, berolahraga secara teratur, serta mengatur stres. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh bisa terjaga dan anda terbebas dari penyakit.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img