spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    2 Ribu Siswa SMP dan SMA di Bandung Mengikuti Vaksinasi Massal

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebanyak dua ribu orang siswa SMP dan SMA di Kota Bandung mengikuti vaksinasi Covid-19. Vaksinasi untuk pelajar usia 12-17 tahun ini di gelar Badan Intelijen Nasional (BIN). Program vaksinasi massal tersebut dilakukan untuk mempercepat herd immunity atau kekebalan komunitas sehingga diharapkan pembelajaran tatap muka (PTM) bisa segera dilakukan.

    “Hari ini kita menyelenggarakan kegiatan vaksinasi di SMP Negeri 2. Target vaksinasi yang akan kita laksanakan hari ini di SMP itu ada 1.000 orang,” kata Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Jawa Barat, Brigjen TNI Deddy Agus Purwanto di SMP Negri 2 Jalan Sumatra Kota Bandung Jabar, Rabu (14/7/2021).

    Deddy mengungkapkan, saat ini pihaknya baru menerima 100 orang perwakilan pelajar yang akan divaksin dari 5 SMP di Kota Bandung. Kegiatan vaksinasi ini juga di gelar di SMA Negeri 5 Bandung dengan target 1.000 orang pelajar yang saat ini terlebih dahulu diwakili oleh pelajar dari 14 sekolah.

    “Perlu diketahui bersama bahwa kegiatan vaksinasi khusus untuk umur 12 sampai 17 tahun ini secara jumlah besar baru kali ini. Namun di Jawa Barat untuk vaksinasi remaja itu baru 839 orang dan total remaja yang terdata ada 4.867.047 orang,”ungkapnya.

    BACA JUGA: Risma Marahi Pegawai Di Gedung Wytaguna Kota Bandung

    Menurutnya, kegiatan vaksinasi massal untuk usia 12-17 di kota Bandung ini digelar bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung dan TNI serta Polri. Diharapkan, kegiatan vaksin dapat mempercepat program vaksinasi Covid-19.

    FOKUSJabar.id Bandung
    Bandan Intelijen Nasional (BIN) Gelar Vaksinasi Massal bagi Siswa SMP dan SMA Usia 12 Hingga 17 di Kota Bandung Jabar. (Foto: Yusuf Mugni)

    “Mudah-mudahan kegiatan vaksinasi akan berlanjut terus khususnya keseimbangan antara yang remaja dengan dewasa,”ucapnya.

    Disisi lain, pihaknya juga mengaku mengelar kegiatan vaksinasi door to door di wilayah Bogor, tepatnya di dua pemukiman warga. Masing-masing pemukiman ditargetkan sebanyak 1.000 orang yang dapat divaksin.

    “Kenapa door to door, kita khususkan untuk orang-orang yang belum terdaftar vaksin atau melaksanakan vaksin,” katanya.

    Lebih lanjut Deddy mengatakan, tujuan vaksinasi Covid-19 kepada pelajar salah satunya untuk mendorong agar PTM terlaksana. Namun, untuk saat ini pemerintah masih melaksanakan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

    “Target (total) kita seluruhnya mencapai 80 persen tervaksin dan situasi kondisi dinilai agak normal maka lanjut kepada apa yang diinginkan (belajar) tatap muka,”kata Deddy.

    Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, siswa usia 12 hingga 17 tahun di Kota Bandung mencapai 244 ribu. Siswa pada usia tersebut lebih banyak lantaran banyak siswa yang berasal dari Bandung Raya.

    “Jadi intinya tentunya terimakasih kepada BIN yang mendorong proses vaksinasi terhadap usia 12 sampai 17 tahun. Mudah-mudahan begitu regulasi pemerintah pusat dilakukan PTM kita sudah siap dengan herd immunity bagi 12 sampai 17 tahun bagi pelajar,”ucapnya.

    Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Kota Bandung sudah berjalan dan mencapai 100 persen.

    “Udah duluan, pengajar duluan,”ungkapnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img