spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Di Ciamis, Peningkatan dan Pembangunan Jalan Tahun 2021 Sepanjang 111,5 Kilometer

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Tahun 2021 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis Jawa Barat (Jabar) meningkatkan kondisi dan membangun jalan sepanjang 111,5 kilometer.

    Demikian disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Ciamis, Andang Firman.

    Menurut Dia, dari keseluruhan panjang jalan yang menjadi tanggung jawab Pemkab yakni 848 kilometer, sekitar 72 persen dalam keadaan sangat baik dan sedang. Sementara sekitar 28 persen, kondisi jalan mengalami kerusakan ringan dan rusak berat.

    BACA JUGA: Selama WFH, DKPSDM Kota Bandung Awasi ASN

    Untuk target Pemkab Ciamis sendiri, tahun 2021 ini bisa memperbaiki 20 persen jalan yang kondisinya rusak ringan maupun rusak berat.

    Andang menjelaskan, di wilayahnya  kontur tanah sangat labil, sehingga jalan mudah mengalami kerusakan, bencana alam dan sering adanya pergerakan tanah.

    “Kita ingin mengoptimalkan pembangunan dan peningkatan-peningkatan kualtas jalan yang ada. Namun, anggaran yang ada harus terfokus juga pada perbaikan-perbaikan jalan yang mengalami kerusakan,” kata Andang.

    Andang tidak mengatakan nominal anggaran untuk peningkatan dan pembangunan jalan tersebut. Namun, sumber anggaran tahun ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Bantuan Provinsi (Banprov) Jabar dan APBD.

    “Sumber anggarannya dari DAK, Banprov, APBD. Meskipun dana dari APBD sangat terbatas. Karena ada yang paling utama yakni penanganan pandemi,” jelasnya.

    (Riza M Irfansyah/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img