spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Kota Bandung Zona Merah Covid-19, Sekda: Tanya ke Provinsi

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menetapkan Kota Bandung masuk zona merah atau resiko tinggi penyebaran Covid-19.

    Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menggelar rapat terbatas (ratas) terkait status zona merah yang ditetapkan Provinsi Jawa Barat.

    “Kita tahu, Kota Bandung berada di zona merah dengan skor 1.72 berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes). Tetapi tunggu ratas, kemungkinan hari Selasa depan,” kata Ema di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Jabar, Jumat (25/6/2021).

    Terkait penyebab Kota Bandung masuk dalam kategori zona merah, Sekda menegaskan jika hal tersebut ditanyakan langsung kepada Provinsi Jabar. Pasalnya, penetapan status  zona merah bagi Kota Bandung ditetapkan pihak provinsi.

    Jadi tanya Provinsi Jabar, karena mereka yang memberikan label (zona merah),” kata dia.

    BACA JUGA: Dinkes Kota Bandung Siapkan 2 Alternatif Tangani Pasien COVID-19

    Sementara Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Bandung Yorisa Sativa mengatakan, bed occupancy rate (BOR) bagi pasien Covid-19 di Kota Bandung telah mencapai 94 persen. Angka itu telah melebihi standar organisasi kesehatan dunia (WHO).

    “Kita memiliki 29 rumah sakit, dan dari 29 itu memiliki ruang isolasi sebanyak 2.000 tempat tidur dan semua sudah terisi penuh. Sampai Kamis kemarin, sudah menyentuh 94 persen dan data ini melebihi data toleransi 60 persen dari WHO,” kata Yorisa.

    Yorisa mengungkapkan, keterisian tempat tidur di rumah sakit Kota Bandung untuk pasien Covid-19 asal Kota Bandung mencapai 56 persen. Sementara pasien Covid-19 asal luar Kota Bandung, mencapai 44 persen dari total kuota BOR di rumah sakit.

    “Fasilitas kesehatan di luar kota Bandung yang sedikit bertumpu kepada fasilitas di Kota Bandung sehingga menjadi beban berat,” kata Yorisa.

    (Yusuf Mugni/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img