spot_img
Selasa 3 Agustus 2021
spot_img
spot_img

Satgas COVID-19 Jabar Tambah Fasilitas Kesehatan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Jabar Daud Achmad mengatakan, pihaknya menambah fasilitas kesehatan untuk menangani lonjakan pasien COVID-19. Salah satunya dengan menambah ruang isolasi bagi pasien gejala ringan.

“Kita punya beberapa tempat isolasi, yakni di BPSDM dan Secapa, semuanya ada 350 bed,” kata Daud dalam acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate Bandung, Jumat (11/6/2021).

BACA JUGA: COVID-19, Gedung Sate Bertambah 5 Orang

Daud pun memastikan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan unsur lain terkait penambahan ruang rawat bagi pasien COVID-19 dengan gejala berat. Saat ini ada rumah baru di Soreang, di sana ada 100 bed dengan peralatan yang memadai.

“Kita tinggal menyiapkan tenaga kesehatannya. Bahkan, rumah sakit darurat yang sempat dinonaktifkan, kita aktifkan kembali,” kata Daud.

Direktur Utama RSUD Al Ihsan dr. Dewi Basmala Gatot mengatakan, pihaknya memiliki 151 tempat tidur khusus pasien COVID-19. Saat ini semuanya terisi, sehingga belum bisa merawat pasien baru yang terpapar virus tersebut.

Saat ini, kata dia, ada 20 pasien di IGD yang belum masuk ruang perawatan dan sedang di-screening. “Nanti ketahuan, apakah bisa isolasi mandiri atau dirawat,” kata Dewi.

Akibat keterbatasan ruang rawat, dia memastikan yang bisa dirawat di rumah sakit hanya pasien dengan gejala berat.

(Solihin)

Artikel Lainnya

spot_img