spot_img
Minggu 20 Juni 2021
spot_img
spot_img

Ratusan Massa Datangi DPRD Ciamis Karena Pelayanan Kesehatan Buruk

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Gedung DPRD Ciamis didatangi ratusan massa yang mengatasnamakan forum masyarakat dan mahasiswa peduli kesehatan, Rabu (9/6/2021). Mereka melakukan aksi untuk menyapaikan aspirasi terkait layanan kesehatan yang kurang baik.

Kemudian seluruh massa aksi diterima oleh sejumlah anggota DPRD Ciamis untuk menyampaikan aspirasinya.

Koordinator aksi Ujang mengaku, sangat kecewa sangat kecewa terhadap pengelolaan pelayanan kesehatan yang dijalankan di Pemerintahan Kabupaten Ciamis.

Lanjut dia, ada beberapa layanan yang sangat buruk dalam pelayanan kesehatan di Ciamis, salah satunya terkiat pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang membuat kesulitan masyarakat kesulitan mendapatkan layanan tersebut.

BACA JUGA: PTM Di Ciamis Tetap Dilaksanakan Meski Berstatus Zona Merah

“Dari mulai sulitnya mengakses data lnformasi publik, pelayana kesehatan yang tidak sesuai dengan prosedur. Sehingga masyarakat dibebankan dua faktor yaitu ketidaktahuan masyarakat karena prosedur yang ribet dan penyakit yang dirasakan,” kata dia.

Menurut dia, merujuk pada Undang-undnag nomor 25 tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik bahwa pelayanan informasi itu penting dilaksanakan oleh seluruh intansi pemerintahan daerah dan pengawasan pemerintah juga sangat perlu untuk direalisasikan.

“Untuk itu dalam aksi ini kami menuntut pihak BPJS menjelaskan transparansi alur keuangan, menuntut BPJS mensosialisasikan prosedur pelayana kesehatan secara efektif dan efisien,” kata Ujang

Dengan demikian pihaknya, menuntut transparansi dewan presedium forum konsultasi pelayanan publik yang dibentuk tahun 2019 dan di resmikan oleh pihak Pemerintah.

“Dan juga tuntutan yang terakhir kami ingin adanya realisasi statment yang disampaikan pemerintah daerah untuk memperbaiki pelayana publik,” kata dia.

Selain itu massa aksi dan anggota DPRD Ciamis mengaku, kecewa dengan ketidak hadiran pihak-pihak terkait dalam aksi penyampaian aspirasi masyarakat Kabupaten Ciamia tersebut.

Padahal pihak terkiat yang tidak hadir tersebut seperti Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Ciamis, Kepala BPJS Kesehatan merupakan pemangku kebijakan dalam persoalan ini.

Sehingga, dengan ketidak hadiran mereka maka Forum Mahasiswa dan Masyarakat Ciamis Peduli Kesehatan mengecam akan melakukan aksi yang lebih besar dari sekarang ini.

Kendati demikian DPRD Ciamis ini akan melakukan pertemuan yang sama dengan menghadirkan pihak terkait yang memiliki kewenangan mengambil kebijakan dalam pekan depan.

(Budiana Martin/Anthika Asmara)

 

Artikel Lainnya

spot_img