spot_img
Senin 21 Juni 2021
spot_img
spot_img

Dianggap Sakti Petilasan Tukang Pandai Besi di Ciamis Didatangi Penziarah

CIAMIS,FOKUSJabar.Id: Keramat Sumeget Patilasan Empu Bagus Pandai Kasip yang berada di Dusun Cigobang Desa/Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis, Jabar dikunjungi para peziarah bukan dari sekitaran Ciamis namun dari berbagai wilayah di Indonesia yang sengaja datang untuk berdoa ditempat tersebut.

Para peziarah yang berdatangan dilokasi makam keramat tersebut untuk bertawasulan dengan cara berdoa memohon kepada Alloh SWT agar semua hajat yang diinginkanya terkabulkan.

Menurut Kepala Dusun Cigobang Engkus Kusnandar, cerita turun temurun dari orangtua dahulunya Eyang Empu Bagus Pandai Kasip itu seorang pembuat pekakas dari besi berupa alat alat pertanian yang sangat dibutuhkan masyarakat dan juga senjata untuk berperang yang sakti mandraguna sehingga kesaktianya sangat terkenal di masa itu.

“Suatu masa senjata milik Kerajaan Mataram berupa Meriam yang dinamakan si Jagur mengalami kerusakan sehingga harus diperbaiki,” katanya. Selasa (8/6/2021).

BACA JUGA: Anggota DPRD Ciamis Yang Terlelap Saat Bimtek Dalam Kondisi Sakit

Kusnandar menuturkan, konon pula saat senjata milik Kerajaan Mataram mengalami kerusakan pihak Kerajaan melalui telik sandinya berupaya mencari ahli ahli pembuat senjata untuk diminta bantuanya memperbaiki meriam si Jagur yang rusak tersebut.

“Sudah menjelajah hampir keseluruh pelosok Kerajan bahkan luar wilayah Kerajaan Mataram para telik sandi tersbut belum juga menemukan ahli senjata yang bisa memperbaiki meriam itu,” kata dia.

Kusnandar mengatakan, saat para telik sandi Kerajaan Mataram sampai di daerah Kerajaan Galuh (Cigobang) saat ini mereka bertemu dengan Eyang Empu Bagus Pandai Kasip.

“Utusan Kerajaan Mataram saat bertemu dengan Eyang Empu Bagus Pandai Kasip meminta beliau untuk datang ke Kerajaan Mataram untuk memperbaiki Meriam si Jagur yang rusak itu,” kata dia.

Kusnandar melanjutkan, singkat cerita saat dimintai tolong oleh Kerajaan Mataram untuk memperbaiki meriam si Jagur yang rusak pergilah Eyang Empu Bagus Pandai Kasip ke Kerajaan Mataram.

“Saat melihat kerusakan Meriam si Jagur Eyang Empu Bagus Pandai Kasip masuk kedalam Meriam itu,” kata dia.

Kusnandar menjelaskan, dengan kesaktianya Eyang Empu Bagus Pandai Kasip saat didalam moncong Meriam si Jagur menggosok badanya untuk mengambil kotoran yang ada dibadanya dan selanjutnya menempel-nempelkan kotoran tubuhnya tersebut (Daki/Sunda) kepada laras Meriam yang bolong -bolong tersebut.

“Karena keberhasilannya memperbaiki Meriam si Jagur yang rusak maka pihak Kerajaan Mataram memberikan penghargaan dengan memberi gelar kehormatan kepada Eyang Empu Bagus Pandai Kasip,” kata dia.

(Husen Maharaja/Anthika Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img