spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Pantai Pasir Putih, Pesona Eksotis di Pantai Pangandaran

    PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Pantai Pangandaran sudah menjadi destinasi wisata incaran banyak wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal, tapi hingga mancanegara.

    Panorama keindahan alam yang disuguhkan Pantai Pangandaran menjadi pesona yang memanjakan mata. Salah satunya di destinasi Pantai Pasir Putih.

    Sesuai namanya, pantai yang berada di area Cagar Alam ini memiliki pasir berwarna putih. Berbeda dari pasir pantai lain di sekitar Pantai Pangandaran yang berwarna kecoklatan.

    Pantai ini terpisah oleh tebing batu karang dengan kawasan Pantai Barat yang lain. Untuk mencapai pantai Pasir Putih, ada dua rute yang bisa ditempuh.

    BACA JUGA: Hari Kerja, Forkopimda Kota Banjar Gowes Bareng di Pangandaran

    Seperti yang diungkapkan salah satu tukang perahu yang biasa mengantar wisatawan ke Pantai Pasir Putih, Akum (48). Yakni jalur darat dan jalur laut.

    Jika melalui darat, wisatawan bisa masuk melalui gerbang barat Cagar Alam Pananjung kemudian berjalan sekitar 300 meter.

    FOKUSJabar.id Pantai Pangandaran
    Wisatawan tengah menikmati keindahan Pantai Pasir Putih Pangandaran. (FOTO: Budiana)

    “Sedangkan melalui laut, kita dapat menyewa perahu dari kawasan Pantai Barat. Harga sewa perahu Rp15 ribu per penumpang dengan maksimal 7 orang penumpang sekali trip,” kata Akum, Sabtu (5/6/2021).

    Daya tarik pantai pasir putih, kata dia, adalah nuansa alami yang masih cukup terjaga. Pasalnya, Pantai Pasir Putih berada di kawasan konservasi.

    Di Panati Pasir Putih, lanjut Akum, wisatawan dapat kera yang berkeliaran di sekitar pantai. Hewan primata tersebut pun terbilang cukup jinak sehingga bisa didekati dan diajak bermain.

    “Tapi ada juga kera yang bersikap agresif, jadi harus tetap hati-hati juga,” kata dia.

    Selain itu, salah satu destinasi di Kabupaten Pangandaran ini pun menyediakan sport menyelam atau snorkling di perairan dangkal Pasir Putih. Dengan kondisi air yang jernih, para wisatawan bisa melihat dan mengamati beragam biota laut.

    FOKUSJabar.id Pantai Pangandaran
    Para wisatawan menikmati keindahan Pantai Pasir Putih Pangandaran. (FOTO: Budiana)

    “Ada kuda laut, bintang laut, teripang, tiram dan ikan yang ada disana,” Akum menambahkan.

    Di bibir pantai, wisatawan pun dapat mencari kulit kerang dan potongan ganggang (rumput laut) segar yang hanyut terdampar ke pinggir pantai.

    “Wisatawan dapat mengajak anak-anak bermain pasir atau sekedar duduk melihat panorama alam yang indah,” kata dia.

    Jika hendak berwisata ke Pantai Pangandaran, tidak ada salahnya mengunjungi Pantai Pasir Putih dan menikmati panorama keindahan alamnya.

    (Budiana Martin/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img