spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Hari Sepeda Sedunia, Yana Imbau ASN Bersepeda ke Kantor

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pada momen Hari Sepeda Sedunia atau World Bicycle Day yang diperingati setiap tanggal 3 Juni, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengimbau masyarakat Kota Bandung dan Aparatur Sipil Negara (ASN) menggunakan sepeda saat berangkat kerja setiap Jumat.

    “Setiap hari Jumat, masyarakat, khususnya  ASN, bersepeda dari rumah ke tempat kerja. Tapi ini imbauan, kita belum ada regulasi untuk memaksa dia (ASN) untuk bersepeda. Tadi kata Ketua Dewan (DPRD Kota Bandung) kalau yang bersangkutan sudah nyaman, jadi kebiasaan, jadi hobi, Alhamdulillah,” kata Yana di Taman Dewi Sartika Kota Bandung, Jabar, Kamis (3/6/2021).

    Yana mengaku, keberadaan jalur sepeda di Kota Bandung masih sangat minim. Oleh karena itu,  dia mengajak komunitas sepeda di Kota Bandung untuk mengkaji terkait penyediaan jalur sepeda.

    FOKUSJabar.id Hari Bersepeda Sedunia
    Hari Sepeda Sedunia atau World Bycyle Day. (FOTO: Web)

    “Di kota Bandung jalur sepeda relatif sempit, pendek. Kalau tidak ada jalur sepeda, mereka harus di pinggir jalur kiri karena harus berbagi, dimana pun juga harus berbagi. Karena keterbatasan juga, kita ngajak temen-temen komunitas. Yuk temen-temen butuh dimana? Kami juga punya kajian, nanti kita kaji sama-sama mana yang jadi prioritas. Anggaran ada, kita kerjain, ” Yana menjelaskan.

    BACA JUGA: Pemkot Bandung Resmi Buka Kembali 6 Tempat Wisata, Ini Daftarnya

    Meski begitu, pihaknya mengingatkan pada pegiat sepeda untuk menggunakan jalur sepeda yang sudah disediakan. Selain itu, harus tetap mematuhi rambu dan peraturan lalulintas.

    “Harus ada edukasi lewat komunitas atau lewat pemerintah. Kami mengingatkan, jalan bukan hanya untuk sepeda saja, berbagi atuh jadi sepeda di jalurnya kan sudah ada jalur. Baru nanti kita lihat lagi, jalur mana yang memang perlu dibuat jalur sepeda,” kata dia.

    (Yusuf Mugni/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img