spot_img
Minggu 20 Juni 2021
spot_img
spot_img

Apa Saja Penyebab Gigi Berlubang? Cari Tahu Disini!

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gigi berlubang adalah salah satu permasalahan yang kerap kali terjadi pada sebagian orang. Hal ini pun dikarenakan berbagai macam faktor dan bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari anak anak hingga orang dewasa. Umumnya, gigi yang berlubang ini terjadi karena lapisan permukaan rusak secara permanen. Lalu, apa saja hal yang menjadi penyebab gigi berlubang? Cari tahu disini!

4 Hal yang Menyebabkan Gigi Menjadi Berlubang

1. Plak Pada Gigi yang Mengalami Penimbunan

Apa Saja Penyebab Gigi Berlubang? Cari Tahu Disini!

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab dari gigi berlubang adalah plak pada gigi yang mengalami penimbunan. Perlu anda ketahui, plak gigi adalah lapisan lengket bening yang ada untuk melapisi gigi. Jika anda kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut, maka plak tersebut akan muncul akibat sisa sisa makanan yang ada di dalam gigi.

BACA JUGA: Tak Kuat Mendaki, Truk Kayu Terguling di Tanjakan Gentong

Adanya penimbunan plak tersebut, lambat laun akan mampu menyebabkan jumlah bakteri semakin meningkat. Akibatnya, mineral yang ada pada lapisan enamel gigi pun akan menghilang. Dengan begitu, terbentuklah lubang pada gigi. Apabila enamel pada gigi telah terkikis, maka asam dan bakteri pun akan bisa mencapai ke dentin atau lapisan gigi.

2. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Manis

Hal lain yang menjadi penyebab gigi berlubang adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung banyak gula. Sebt saja seperti buah kering, es krim, coklat dan juga minuman bersoda. Jenis makanan tersebut ternyata dinilai mampu menyebabkan kerusakan pada gigi.

Oleh sebab itu, anda sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi makanan yang manis tersebut dalam jumlah yang banyak. Pasalnya, jenis makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi tersebut akan mampu membuat pH plak yang terdapat pada gigi mengalami penurunan dengan lebih cepat. Sehingga lapisan enamel pada gigi pun akan mengalami pengikisan.

3. Kurangnya Asupan Fluoride

Selain kedua hal tersebut, kurangnya asupan fluoride juga mampu membuat gigi menjadi berlubang. Hal ini dikarenakan fluoride merupakan mineral yang terbentuk secara alami pada gigi. Dengan adanya kandungan tersebut, ternyata mampu mencegah gigi mengalami lubang.

Akan tetapi, apabila asupan fluoride di dalam tubuh berkurang, tentu saja hal tersebut akan menjadi penyebab gigi berlbang. Oleh karena itu, anda pun sebaiknya memilih pasta gigi yang tepat. Dimana pilihlah pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride di dalamnya. Sehingga asupan fluoride pada gigi akan tetap terpenuhi.

4. Tidak Menjaga Kebersihan Mulut

Ketika anda tidak menggosok gigi secara teratur, hal tersebut juga bisa menimbulkan masalah pada gigi dan mulut, salah satunya adalah gigi mengalami lubang. Hal in dikarenakan sisa sisa makanan yang ada dalam mulut masih tertinggal di sela sela gigi. Dengan begitu, hal ini akan membuat plak menjadi terbentuk dengan lebih cepat.

Apabila pada gigi telah mengalami plak, maka penyebab gigi berlubang sudah tak bisa terhindarkan. Sebab, plak yang telah terbentuk dengan cepat akan menjadi tahap awal pada kerusakan gigi. Sehingga penting bagi anda untuk menyikat gigi secara teratur yakni pada pagi hari setelah sarapan dan juga malam hari menjelang tidur. Anda juga bisa menggunakan flossing untuk membersihkan sisa makanan pada sela gigi.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan gigi menjadi berlubang. Penting bagi anda untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Hal tersebut akan membuat gigi nantinya menjadi lebih sehat dan mencegahnya untuk berlubang. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin mendapatkan gigi yang sehat, pastikan untuk menghindari hal hal yang menyebabkan gigi berlubang.

(Antik Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img