spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Asyik! Layanan 5G Hadir di Indonesia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Layanan 5G resmi bakal rilis di indonesia pada hari ini, Kamis (27/5/2021). Operoataor selular yang merilisnya adalah Telkomsel. Peluncuran akan dilakukan pada siang ini di The Telkom Hub, Jakarta.

    Telkomsel mendapatkan restu berupa Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

    Untuk tahap awal, Telkomsel akan memanfaatkan frekuensi 2,3 GHz dalam menghadirkan layanan 5G secara komersial kepada pelanggan.

    BACA JUGA: Xiaomi Redmi Note 10S Dilengkapi NFC dan Super Performance

    Selain itu, ada sembilan lokasi di delapan kota yang juga akan menikmati layanan 5G, di antaranya Medan, Batam, Bandung (dua lokasi di Telkom University dan ITB), Balikpapan, Solo, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Denpasar.

    Khusus untuk sembilan lokasi, selain Bandung, belum diketahui secara pasti, apakah layanan  Telkomsel itu juga menyasar wilayah residensial atau area industri.

    Sekjen Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Muhammad Ridwan Effendi mengatakan, sudah saatnya layanan 5G lahir di Indonesia.

    “Sudah tepat, demand (permintaan-red) di kita sudah ada, kebutuhan akan kecepatan internet yang tinggi dan delay yang rendah itu sudah banyak,” kata Ridwan, Kamis (27/5/2021).

    Permintaan akan jaringan 5G ini tidak hanya industri saja, tapi juga pelanggan biasa. Sektor Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga dinilai membutuhkan internet super ngebut sebagai upaya digitalisasi.

    “Untuk aplikasi dengan cricital delay kecil, seperti untuk telemedicine dan interactive game dan massive IoT sudah tidak bisa lagi (pakai jaringan 4G-red),” kata dia, seperti dilansir Detik.

    “Untuk pelanggan perorangan juga karena permintaan broadband untuk aplikasi video meeting untuk sekolah dan work from home sudah cukup besar permintaannya,” ujar Ridwan.

    (Agung)

     

     

     

    Berita Terbaru

    spot_img