spot_img
Kamis 22 Februari 2024
spot_img
More

    5 Cara Atasi Sakit Kepala Yang Dapat Mengganggu Aktivitas

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sakit kepala adalah salah satu kondisi dimana seseorang mengalami rasa sakit atau nyeri di bagian kepala. Kondisi satu ini memang kerap kali dialami sebagian orang. Meskipun dianggap enteng bagi beberapa orang, namun anda perlu mengetahui bagaimana cara atasi sakit kepala satu ini. Hal ini dikarenakan mampu mengganggu anda dalam menjalani aktifitas.

    Tips Untuk Mengatasi Sakit Kepala Yang Harus Anda Tahu

    1. Mengompresnya Dengan Air Hangat

    Ketika anda mengalami sakit kepala, sering kali anda akan mengalami kepala merasa tegang. Hal ini dikarenakan terdapat otot otot pada kepala yang terlalu kencang. Salah satu cara untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan mengompresnya dengan menggunakan air hangat.

    BACA JUGA: Felicia Tissue Buka Mulut Soal Kaesang, Nama Jokowi-Iriana Dibawa-bawa

    Cara ini akan membantu anda untuk mengendurkan otot otot yang tegang dan dengan mengompres air hangat akan membantu untuk meredakannya. Caranya adalah dengan mencelupkan handuk ke air panas. Selain mengompres dengan air hangat, anda juga bisa untuk mandi air hangat untuk mendapatkan efek yang sama.

    2. Minum Air Putih yang Cukup

    Cara atasi sakit kepala selanjutnya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Dengan mengonsumsi air putih akan membantu anda untuk mengurangi sakit yang anda derita. Hal ini dikarenakan salah satu hal yang menjadi penyebab sakit kepala adalah dehidrasi. Dilansir pada halaman Medical News Today, ketika seseorang menderita dehidrasi ringan, akan mampu mengubah cara berpikir dan bertindak pada seseorang.

    Sehingga dengan mengonsumsi air putih akan membantu untuk membuat seseorang menjadi lebih baik. Dengan begitu, anda bisa mencoba untuk mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya untuk bisa menghindari terjadinya sakit kepala. Selain itu, dengan minum air putih yakni 2 liter per hari, hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

    3. Mengonsumsi Teh Herbal

    Selain mengonsumsi air putih yang cukup, konsumsi teh herbal juga menjadi salah satu cara atasi sakit kepala yang bisa dicoba. Anda bisa mencampurkan teh dan jahe untuk membantu atasi migrain yang menghambat aktivitas anda. Tak hanya teh jahe saja, anda juga bisa untuk mengonsumsi teh camomile hingga teh peppermint.

    4. Tidur yang Cukup

    5 Cara Atasi Sakit Kepala Yang Dapat Mengganggu Aktivitas

    Jika anda merupakan salah satu orang yang kurang tidur, hal tersebut ternyata juga menjadi penyebab seseorang mengalami sakit kepala. Akan tetapi, dalam satu kondisi seperti terlalu banyak tidur juga bisa membuat seseorang menjadi pusing. Oleh karena itu, diperlukan waktu tidur yang cukup yakni 7 hingga 8 jam setiap harinya.

    5. Olahraga Secara Rutin

    Tidak dapat dipungkiri, melakukan olahraga yang rutin juga menjadi salah satu cara atasi sakit kepala. Hal ini dikarenakan dengan melakukan kegiatan ini secara rutin, akan membantu untuk menjaga kesehatan pada tubuh dan membantu untuk membuat sirkulasi pada darah menjadi meningkat. Anda pun bisa melakukannya setiap hari dalam waktu 30 menit saja.

    Hal ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan tahun 2018 pada jurnal Children yang mengatakan bahwa sedikit melakukan aktivitas olahraga mampu mempengaruhi sakit kepala yang terjadi di kalangan remaja. Dengan begitu, anda pun bisa melakukan olahraga secara rutin dan teratur sebagai salah satu cara untuk mengatasi dan mencegah terjadinya sakit kepala.

    Beberapa cara tersebut bisa anda lakukan untuk atasi sakit kepala yang diderita. Janganlah anda menganggap bahwa sakit kepala adalah kondisi yang sepele. Oleh karena itu, anda pun bisa melakukan cara cara mudah yang bisa membantu untuk mengatasi kondisi yang dapat mengganggu aktivitas harian anda tersebut.

    (Antik)

    Berita Terbaru

    spot_img