spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Lebaran 2021, Polri Lakukan Penyekatan Wilayah

    BANJAR, FOKUSJabar.id: Polri akan menggelar operasi ketupat seiring keputusan pemerintah yang melarang mudik pada Lebaran 2021. Dalam operasi tersebut, pihak kepolisian akan melakukan penyekatan wilayah pada 6 sampai 17 Mei mendatang.

    “Penyekatan wilayah mengikuti kebijakan larangan mudik dari pemerintah,” kata Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol Istiono saat melakukan survei penyekatan wilayah di Kota Banjar, Kamis (15/4/2021).

    Saat ini pihaknya terus melakukan survei kesiapan setiap wilayah guna penyekatan nanti, dan Kota Banjar menjadi salah satu daerah yang berada di Jalur selatan dan sangat penting karena biasanya pemudik melewati jalur ini.

    “Di sini merupakan jalur penting, pemudik dari Jakarta dan Bandung biasanya lewat jalur ini. Untuk itu kami akan sangat perketat penyekatan wilayah di jalur ini,” kata Istiono.

    lebaran
    Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol Istiono saat melakukan survei penyekatan wilayah di Kota Banjar (foto Budiana)

    Pihaknya akan membuat sekat agar para pemudik yang melintas ke sini tidak memiliki celah. Selain itu, petugas yang disiagakan di lapangan akan menindak pemudik yang membandel dan meminta putar balik.

    BACA JUGA: Larangan Mudik Lebaran 2021 untuk Seluruh Rakyat

    “Untuk sanksi terhadap pemudik yang bandel kami hanya akan bersikap persuasif humanis. Kami akan meminta pemudik putar balik kembali,” kata dia.

    Adapun penyekatan wilayah yang dilakukan, yakni untuk pencegahan penyebaran virus Corona. Pihaknya berharap masyarakat agar bisa mengikuti aturan pemerintah yang mengimbau untuk tidak mudik pada Lebaran 2021.

    “Tujuan larangan mudik ini untuk mencegah penyebaran Covid-19, kami harapkan masyarakat mau bekerjasama dalam memutus mata rantai virus corona ini,” kata Istiono.

    Sementara itu, Kasat Lantas Polres Banjar AKP Purwadi mengatakan bahwa persiapan penyekatan wilayah di Banjar, pihakhya telah menyiapkan pos terpadu di setiap perbatasan yang ada di Kota Banjar.

    “Kami sudah siapkan pos terpadu di beberapa titik, seperti pos terpadu Alun-alun , Cijolang, Jembar, di Tanjungsukur dan Alun-alun Langensari,” kata Purwadi.

    (Budiana Martin/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img