spot_img
Senin 3 Mei 2021
spot_img
spot_img

11 Makanan dan Minuman Ini Cocok Saat Puasa

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kebugaran tubuh ketika berpuasa sangat bergantung pada makanan dan minuman yang dikonsumsi saat buka dan sahur. Artinya, mengonsumsi menu yang sehat dan bergizi, kesehatan tubuh bisa terjaga.

Kebutuhan akan nutrisi, vitamin dan mineral harus terpenuhi dari menu yang kita pilih setiap harinya. Lantas makanan dan minuman seperti apa yang direkomendasikan untuk disantap saat berpuasa? Di antaranya:

Baca Juga: 4 Hari Berturut-turut Saham Prancis Untung

  1. Saat sahur utamakan asupan air/minuman yang cukup terutama air putih agar saat siang hari tubuh tidak kekurangan cairan.
  2. Sebaliknya Jangan minum kopi, teh, karena mengandung zat diuretic (zat yang membuat kencing terus) yang malah menyebabkan tubuh kekurangan cairan.
  3. Perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang berserat tinggi agar terhindar dari konstipasi atau sembelit selama berpuasa.
  4. Selama berpuasa hindari makanan yang mengandung lemak dan rasa pedas. Selain bisa meningkatkan kolesterol darah, makanan lemak dan pedas bisa mengganggu pencernaan.

Minumlah air putih yang banyak, antara waktu berbuka sampai menjelang tidur serta selama sahur. Selingi dengan minum jus buah tentunya tanpa menggunakan gula agar manfaatnya bisa Anda rasakan.

  1. Usahakan jangan tidur setelah sholat subuh karena makanan yang kita makan pada saat sahur terbuang sia-sia.
  2. Menu utama seperti Nasi merah, ubi, spagheti, atau bubur kacang hijau dengan gula aren. Jenis karbohidrat ini lebih “tahan lama” dalam membuat gula darah lebih stabil.
  3. Kelapa muda

Kelapa muda selain mengandung mineral, juga mengandung zat gula alami yang tidak membuat tubuh lemas seperti saat mengkonsumsi teh dengan tambahan gula pasir.

11 Makanan dan Minuman Ini Cocok Saat Puasa 1
Kelapa Muda (Foto. web)

  1. Ubi manis

Ubi manis mengandung karbohidrat dan gula yang cukup untuk mengembalikan energi yang hilang selama puasa. Mengonsumsi ubi manis saat berbuka puasa dianjurkan bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes.

  1. Sup oyong dan ayam panggang

Setelah menyantap takjil, kamu wajib makan besar untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi dan vitamin. Makanan yang bisa dipilih adalah sayur oyong, ayam panggang dan nasi merah. Menu makanan berat berikut ini sangat sehat karena rendah kolesterol dan berprotein tinggi.

Beras merah dan sayur oyong akan memenuhi kebutuhan vitamin dan karbohidrat namun secara bersamaan juga mengurangi kadar gula dalam tubuh. Lagi-lagi makanan ini dianjurkan bagi mereka penderita diabetes yang berpuasa.

  1. Jus alpukat

Segelas jus alpukat yang dicampur susu cokelat baik untuk dikonsumsi saat sahur. Selain lebih ringan dan praktis sehingga mudah dikonsumsi.

  1. Roti gandum dan telur setengah matang

Bagi kamu yang membutuhkan makanan praktis untuk sahur, menu roti gandum dan telur setengah matang bisa kamu coba. Makanan ini mempunyai kandungan nutrisi yang cukup namun sehat.

Bila ingin makan lebih kenyang, kamu bisa tambahkan selai kacang pada roti gandum. Sebab kacang-kacangan mengandung protein dan karbohidrat kompleks yang membuat tubuh mendapatkan energi sekaligus mengenyangkan. Semoga Bermanfaat.

(Bambang Fouristian)

Artikel Lainnya

spot_img