spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Mendag: Harga Kebutuhan Pokok di Kota Bandung Stabil

    BANDUNG,FOKUSJabar.co.id: Mentri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi meninjau langsung harga dan stok kebutuhan pokok di Pasar Kosambi dan Pasar Sederhana Kota  Bandung, Selasa (13/4/2021).

    Menurut dia, harga sejumlah kebutuhan pokok di Kota Bandung pada hari pertama Ramadan 2021 relatif stabil. Ada pun beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan masih dalam tahap wajar.

    “Kita bisa lihat secara keseluruhan bahwa harga barang pokok dan penting ini sebenarnya stabil,” kata Lutfi di Pasar Kosambi, Jalan Jendral Ahmad Yani, Kota Bandung Jabar Selasa (13/4/2021).

    Lutfi mengungkapkan, harga kebutuhan pokok yang stabil di antaranya gula dan beras jenis premium dan medium. Bahkan harga beras di Kota Bandung lebih rendah dibandingkan harga eceran nasional.

    BACA JUGA: Mendag Luncurkan Indonesia Virtual Showcase di Singapura

    “Beberapa juga mengalami penurunan harga. Untuk cabai rawit merah tadi sudah turun di angka Rp 80 ribu per kilogramnya dan cabai merah juga turun sekitar Rp70 ribu,” kata Lutfi. 

    FOKUSJabar.id Mendag
    Mentri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi Saat Meninjau langsung Harga dan Stok Kebutuhan Pokok di Pasar Kosambi dan Pasar Sederhana Kota Bandung Jabar Selasa (13/4/2021). (Yusuf Mugni)

    Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana turut memastikan bahwa harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional Kota Bandung relatif stabil pada hari pertama Ramadan tahun ini. 

    “Di awal puasa ada beberapa komoditas yang siklus kebiasaannya naik, seperti ayam, daging dan telor,” kata Yana.

    Sedangkan untuk kenaikan harga minyak goreng, kata dia, pemerintah pusat akan segera mengintervensi untuk menurunkan harganya. Salah satu cara adalah dengan memperbanyak pasokan barang.

    “Tadi menurut pak menteri ada komoditas yang agak naik juga, minyak curah dan gula. Karena itu kewenangannya Kementerian Perdagangan, kemungkinan minggu ini pasokannya akan diperbanyak,” kata dia. 

    Sementara itu, Kadis Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung (Disdagin) Kota Bandug Elly Wasliah mengatakan, stok kebutuhan pokok masyarakat dalam kondisi aman tersedia.

    “Semua kondisi aman tersedia, tapi harga ada beberapa yang mengalami kenaikan. Ini memang fenomena ‘munggahan’ atau menjelang Ramadan,” kata Elly.

    Sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan di antaranya, daging sapi dari Rp120 ribu per kilogram menjadi Rp130 ribu per kilogram. Kemudian minyak curah dari Rp12.500 menjadi Rp13 ribu per liter.

    “Namun cabai rawit turun dari Rp120 ribu menjadi Rp80 ribu per kilogram. Ini karena beberapa produsen cabai di kita mulai mengalami masa panen raya,” kata dia. 

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img