spot_img
Minggu 9 Mei 2021
spot_img
spot_img

Bupati Ciamis Ingatkan Kepsek Tingkatkan Kompetensi Diri

CIAMIS,FOKUSJabar.Id: 80 orang Kepala SMP se-Kabupaten Ciamis ikuti workshop “Peningkatan Prestasi Akademik Peserta Didik Melalui Layanan Pendidikan” di Aula Hotel Tyara Plaza Ciamis Jabar, Kamis (8/4/2021).

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengingatkan agar kepala sekolah meningkatkan kompetensinya dalam rangka meningkatkan layanan pendidikan untuk mewujudkan generasi emas.

“Kepala Sekolah dan perangkat pendidikan lainnya harus meningkatkan kompetensi dan melek iptek agar bisa mengikuti perkembangan zaman. Hal ini menjadi tuntutan dunia pendidikan masa kini,” katanya.

Herdiat menuturkan, adanya pandemi Covid-19 telah melemahkan sendi-sendi pendidikan di Indonesia bahkan dunia. Banyak yang berubah dan harus menyesuaikan dengan kondisi saat ini.

BACA JUGA: Mabigus Gerakan Pramuka Ciamis Harus Mengupayakan Fasilitas Anggaran Kepramukaan

“Karena kondisi pandemi Covid-19 kita harus beradaptasi mulai dari sistem pembelajaran yang bersifat daring dan penyesuaian kurikulum. Selain itu juga tuntutan kesiapan semua pihak baik anak didik, orang tua murid dan stakeholder yang harus mau berkorban demi terjaganya kualitas pendidikan,” ucapnya.

FOKUSJabar.id Ciamis
Bupati Kabupaten Ciamis Herdiat Sunarya saat membuka workshop kepala sekolah. (FOKUSJabar/Husen)

Herdiat menjelaskan, Dinas Pendidikan sebagai pemangku urusan pendidikan dituntut dapat menghadirkan inovasi-inovasi untuk mempermudah anak bersekolah. Para guru dapat melakukan pembelajaran menggunakan metode e-learning yaitu pembelajaran memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

“Sudah tepat rasanya kalau saat ini para guru yang dimotori oleh kepala sekolah menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam mencari solusi dalam memberikan layanan pendidikan kepada seluruh siswa,” jelasnya.

Herdiat melanjutkan, pihaknya mendorong peserta didik dan guru untuk tetap semangat belajar walaupun tidak bisa tatap muka secara langsung. Kekhawatiran terjadi kebosanan dengan sistem belajar daring yang pada akhirnya malah memicu rasa malas untuk belajar harus dapat diatasi.

Terkait Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kabupaten Ciamis akan segera dilakukan, tentunya dengan tetap memperhatikan peraturan dan yang berlaku dan sekolah harus memenuhi standar pelaksanaan pendidikan tatap muka di masa pandemi.

“Sekolah dengan metode pembelajaran tatap muka harus dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam rangka mematuhi prinsip kebijakan pendidikan pada masa pandemi covid-19. Karena kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga  kependidikan, keluarga dan masyarakat merupakan prioritas utama dalam menetapkan kebijakan pembelajaran,” ungkapnya.

(Husen Maharaja/Bambang)

Artikel Lainnya

spot_img