spot_img
Sabtu 17 April 2021
spot_img
spot_img

Rudy Gunawan: Garut jadi Tuan Rumah FEKDI 2021

GARUT,FOKUSJabar.id:  Bupati Garut Jawa Barat (Jabar), Rudy Gunawan mengatakan, Kabupaten Garut ditunjuk menjadi tuan rumah Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) tahun 2021 yang akan dilaksanakan, Jumat (9/4/2021) mendatang.

Menurut Rudy Gunawan, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Keputusan Presiden (Kepres) No3 tahun 2021 tentang  Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD).

Kabupaten Garut dipercaya menjadi pioneer di Provinsi Jawa Barat untuk perluasan dan percepatan digitalisasi daerah.

BACA JUGA: Kilang Minyak Balongan Meledak, Langit Indramayu Merah

“Memang belum ada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri), tapi Kepres No3 tahun 2021 telah menunjuk Bupati, Wali Kota, Gubernur,  sebagai Ketua Tim perluasan dan percepatan digitalisasi daerah. Kita harus menyukseskannya,” kata Rudy Gunawan saat Apel Gabungan di Lapang Setda, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Senin (29/3/2021).

“Alhamdulillah Garut dipercaya jadi Kabupaten yang akan menjadi pioneer di Jawa Barat untuk melakukan perluasan dan percepatan digitalisasi daerah,” kata Bupati Garut menambahkan.

Untuk menunjang dan merealisasikan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD), Rudy instruksikan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyediakan barcode di beberapa tempat untuk memudahkan transaksi.

“ETPD adalah menjadi kewajiban. Saya instruksikan Bapenda membuat barcode di beberapa tempat untuk memudahkan transaksi pembayaran,” kata Rudy Gunawan.

ETPD dari sisi pendapatan akan menjadi fokus dirinya dan ajang pembuktian bahwa Garut sebagai kabupaten yang maju.

“Kemajuan itu adalah dari teknologi dan memudahkan melakukan kehidupan. Kita ingin menuju ke arah itu,” katanya.

Menurut Rudy, transaksi digital mendorong semua transaksi keuangan masyarakat dikelola oleh bank sehingga memudahkan mereka dalam melakukan transaksi.

Kata Bupati Garut, pelaksanaan FEKDI bakal dihadiri langsung Menteri  Keuangan. Oleh karena itu, Asda 2 (Perekonomian Pembangunan) segera mengambil langkah-langkah untuk menyiapkannya.

(Andian/Bambang)

Artikel Lainnya

spot_img