spot_img
Sabtu 17 April 2021
spot_img
spot_img

Kilang Minyak Balongan Meledak, Langit Indramayu Merah

INDRAMAYU,FOKUSJabar.id: Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (Jabar) yang berlokasi di Desa Majakerta meledak dan terbakar pada Senin (29/3/2021) dini hari.

Ledakan tangki minyak membuat geger masyarakat sekitar karena menimbulkan getaran dan merusak puluhan bangunan rumah warga.

Menurut warga Blok I Simpang Tiga, Desa Majakerta, Kecamatan Balongan, Daroni, dinding rumah di bagian tengah retak dan terkelupas karena getaran hebat yang diduga dampak dari ledakan kilang minyak milik Pertamina.

BACA JUGA: Angin Puting Beliung Terjang Cimenyan, Kabupaten Bandung

“Saya kaget dikira ada gempa. Waktu itu saya sedang tidur di ruangan tengah. Getarannya tersebut terasa lama dan disusul bunyi ledakan,” kata Daroni seperti dikutip kompas.com, Senin (29/3/2021).

balongan fokusjabar.id
(foto web)

Getaran hebat juga dirasakan Dariyah, warga RT012/001, Blok Simpang Tiga. Plafon rumah miliknya runtuh dan kacanya pecah.

“Kaget, plafon runtuh saat ada getaran. Dikira gempa bumi, ternyata berasal dari kilang minyak Pertamina Balongan. Saya langsung keluar rumah,” ungkapnya.

Kobaran api besar dari kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan membuat Langit di wilayah Indramayu menjadi merah dan terlihat dari jarak sejauh lima kilometer.

Mengutip laman Pertamina, Kilang VI Balongan adalah kilang ke-enam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero).

Kegiatan bisnis utama di kilang ini adalah mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non BBM dan Petrokimia.

Kilang ini mulai beroperasi pada 1994 dan terletak di Indramayu atau sekitar 200 km arah timur Jakarta.

(Bambang Fouristian)

Artikel Lainnya

spot_img