spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Angin Puting Beliung Terjang Cimenyan, Kabupaten Bandung

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Angin puting beliung menerjang Desa Mekarsaluyu, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Minggu (28/3/2021) sore sekitar pukul 16.00 WIB. Sejumlah rumah warga rusak dan pohon tumbang.

    Berdasarkan video yang diunggah akun Instagram @infobandungkota, angin kencang melanda kawasan tersebut.

    Selain itu, ada video yang menunjukkan warga berada di sekitar bangunan yang sudah ambruk dan terlihat warga yang berlarian.

    Baca Juga: Detik-Detik Ledakan Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar Terekam CCTV, Berikut Kronoligisnya

    Laporan Pusdalops PB Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jabar, angin puting beliung ini terjadi di Jalan Ciharalang RW 03 hingga RW 06, Desa Mekarsaluyu. Peristiwa yang menyebabkab terjadinya puting beliung itu disebabkan intensitas hujan yang sangat tinggi disertai angin kencang, seperti dilansir CNN Indonesia.

    “Rumah dan warung yang ada di jalan utama materialnya tertiup angin dan menumbangkan beberapa pohon menjadikan akses menuju RW yang lain tertutup. Angin bertiup dari lembahan menuju puncak (sesuai kajian awal),” kata Manajer Pusdalops PB BPBD Jabar Budi Budiman Wahyu.

    Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, berdasarkan data sementara akses jalan hanya bisa mencapai RT 02 RW 03 dikarenakan akses menuju RW 6 tertutup pohon tumbang.

    “Yang terdampak warung, beberapa rumah warga, dan gardu listrik yang membuat listrik padam,” ujar Budi.

    Sementara BPBD Kabupaten Bandung juga membantu memotong pohon tumbang dibantu hansip, TNI, dan warga. Pohon tumbang itu dipotong untuk mempermudah akses warga yang tertutup.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img