spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Dinkes Kota Bandung Targetkan 118 Ribu Lansia Dapat Jatah Vaksin

    BANDUNG,FOKUSJabar.co.id: Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan, dari target sasaran 118 ribu lanjut usia (lansia) yang akan di vaksinasi. Baru sekitar 16 ribu lansia yang telah divaksinasi Covid-19.

    Menurutnya, para lansia tersebar di seluruh  Kota Bandung. Namun, data lansia tidak terkumpul pada satu tempat. Selain itu, tak sedikit lansia yang belum mendapatkan informasi tentang layanan vaksin.

    “Jadi, datanya enggak seperti di kantor terkumpul. Lansia ada di mana-mana, dan saat mendaftar ke Kemenkes tidak semua terinformasikan dengan benar,” kata Ahyani di Gedung Karuhun Yayasan Dana Sosial Priangan Jalan Nana Rohana Kota Bandung Jabar Senin (15/3/2021).

    Pihaknya akan mencari cara agar vaksinasi lansia dapat dilakukan dengan segera. Selain menggandeng puskesmas, pemerintah kota akan mengikutsertakan organisasi, dan lembaga.

    BACA JUGA: Polsek Sukajadi Kota Bandung Sasar Tuna Wisma Pelanggar Prokes Covid-19

    “Kita mengambil dua cara. Puskesmas mendaftarkan lansia di wilayah kerja, dan organisasi yayasan atau lembaga ada pensiun alumni. Mereka mendata lebih cepat, karena mengandalkan pusat saja akan lama,” kata dia.

    Ayhani mengatakan, saat ini urang lebih sebanyak 16 ribu lansia sudah divaksinasi Covid-19. Apabila digabung dengan vaksinasi terhadap pelayan publik, dan perluasan sumber daya kesehatan. Kurang lebih mencapai 50 ribu orang.

    “Ketersediaan vaksin untuk lansia masih ada. Namun untuk pelayan publik kita telah meminta kembali ke pemerintah pusat. Bagi lansia yang tidak dapat datang, apakah karena sudah renta atau faktor medis,” katanya.

    Lebih lanjut Ahyani mengatakan, total pelayan publik pada tahap dua sebanyak 84.4 persen. Sementara tenaga kesehatan, 63.4 persen. Proses vaksinasi terhadap lansia yang relatif berjalan panjang karena tahapan yang banyak.

    “Yang memang memerlukan percepatan adalah lansia. Tahap pertama secara sasaran sebanyak 118 ribu orang, kedua proses tahapannya lebih panjang, screening dulu. Enggak bisa tiba-tiba dikumpulkan,” kata dia.

    Ahyani menambahkan, Dinkes Kota Bandung pun akan bekerjasama dengan alumni Universitas Padjadjaran (Unpad) untuk melaksanakan program vaksinasi dan sejumlah aplikasi.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img