spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Setelah Divaksin Covid-19, Hindari 5 Makanan Ini

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Vaksinasi Covid-19 merupakan upaya yang saat ini menjadi harapan besar bagi semuanya. Bahkan terobosan yang dilakukan oleh Pemerintah ini seakan menjadi dewa penyelamat seseorang bisa terhindar dari terpaparnya Covid-19.

    Namun, meski demikian kita bukan berarti harus lengah atau longgar dalam menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) sekalipun sudah mendapatkan cairan pemantik imunitas tubuh tersebut. Karena perlu diketahui masih banyak orang yang melaksanakan tetapi positif Covid-19.  

    Sebuah study yang dilakukan untuk mengetahui persiapan atau hal yang harus dilakukan dalam vaksinasi seperti yang diterbitkan dalam jurnal Advance Social Sciences dan Humanities. Setelah mendapatkan Vaksinasi Covid-19 ada hal yang perlu diperhatikan. Seperti diketahui, efektivitas vaksin juga dipengaruhi oleh asupan yang masuk ke dalam tubuh.

    BACA JUGA: Pesawat Susi Air Disandera KKB karena Tak Dapat Dana Desa

    Beberapa kelompok makanan yang harus dihindari setelah divaksin agar bisa berjalan efektif. Di antaranya: 

    covid-19 fokusjabar.id
    (foto web)
    1. Minuman bersoda dan berpemanis

    Dilansir dari laman CNN Indonesia, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman jenis ini karena minuman ini tidak memiliki satupun manfaat bagi kesehatan.

    Alih-alih jika banyak meminum soda atau pemanis maka akan berisiko pada penambahan berat badan, diabetes, kerusakan gigi, kolesterol, pembentukan lemak dan masih banyak resiko lainnya jika mengkonsumsi minuman jenis ini.

    2.Makanan Olahan

    Mengonsumsi makanan olahan ini didefinisikan sebagai makanan yang diubah dari bentukan aslinya dengan melalui proses pabrik sehingga ketika makanan yang diproses tinggi maka cenderung terbuat dari bahan-bahan yang tidak sehat seoerti gula dan lemak jenuh.

    1. Makanan Cepat Saji

    Berbicara ketepatan tentunya makanan cepat saji bukanlah pilihan untuk dikonsumsi. Kendati makanan tersebut melalui proses yang tinggi dengan tambahan lemak jenuh dan garam yang tinggi.

    1. Minuman Berenergi

    Minuman berenergi mengandung stimulan seperti kafein yang akan membebani kelenjar adrenal dan juga bersifat adiktif. Selain itu, minuman berenergi juga umumnya mengandung gula dalam jumlah yang tinggi.

    1. Minuman beralkohol

    Minuman yang tidak boleh dikonsumsi setelah di vaksin yakni yang menfandung alkohol, karena dikhawatirkan dapat mempengaruhi respons vaksin dalam membentuk pertahanan melawan virus. Sebuah studi juga menemukan, konsumsi alkohol berdampak negatif terhadap sistem kekebalan tubuh.

    (Budiana Martin/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img