spot_img
Rabu 14 April 2021
spot_img
spot_img

Ini Dia 3 Pelatih Persib Juara Kompetisi Perserikatan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Persib Bandung berdiri tahun 1933. Tentu sudah banyak prestasi yang diraih tim kebanggaan Bobotoh ini.

Mengutip dari persib.co.id, tercatat di era Kompetisi Perserikatan ada tiga nama pelatih yang sukses membawa Maung Bandung juara (Nandar Iskandar tahun 1986, Ade Dana tahun 1989/1990 dan Indra Thohir tahun 1993/1994). 

Nandar Iskandar mengantarkan Maung Bandung menjadi juara Kompetisi Divisi Utama Perserikatan 1986 setelah di babak final mengalahkan Perseman Manokwari (1-0) dicetak Djadjang Nurdjaman. 

persib fokusjabar.id
nandar Iskandar (foto web)

BACA JUGA: Persib Berlatih di Tempat Kebugaran

Gol tunggal tersebut mengakhiri puasa gelar Pangeran Biru selama 25 tahun.

Selanjutnya Pelatih Ade Dana berhasil mempersembahkan juara setelah mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 2-0.

Prestasi tersebut membuat Ade Dana menjadi sosok pertama yang membawa juara Pangeran Biru sebagai pelatih dan pemain. 

Sementara Indra Thohir memberikan trofi juara di era perserikatan 1993/1994 di Stadion Utama Senayan, Jakarta setelah memupus harapan rival terberatnya PSM Ujung Pandang dengan skor 2-0. 

persib fokusjabar.id
Indra Thohir (foto web)

Kedua gol tersebut dicetak Yudi Guntara pada menit ke-26 dan Sutiono Lamso di menit ke-71.  Gelar juara tersebut menjadi edisi terakhir dari kompetisi Perserikatan sebelum diganti dengan Liga Indonesia (LI) sejak musim 1994/1995.

Biodata:

Nandar Iskandar lahir di Bandung, Jawa Barat (Jabar), 3 Juni 1950. Dia seorang pelatih dan mantan pemain Sepakbola Indonesia.

Nandar Iskandar lahir dalam keluarga sepakbola. Ayahnya (Jayadi) merupakan pemain Maung bandung pada tahun 1950-an. Kedua kakaknya (Atang Muhtar dan Obon Syakban) juga mantan pemain Pangeran Biru.

Sebagai pesepakbola, Dia juga pernah memperkuat Maung Bandung dan tim nasional junior dan tim nasional B pada tahun 1970-an. Karier bermainnya berakhir pada tahun 1982 akibat cedera kaki.

Sebagai pelatih, Dia pernah menjadi pelatih Bandung Raya, Persib Bandung, Bontang FC (2000), Perseden Denpasar (2001), PSPS Pekanbaru (2002-2003), Periba Bantul (2007) dan Bandung FC. Bahkan, Iskandar juga sempat menjadi pelatih Timnas Indonesia (1999-2000).

 Ade Dana adalah seorang mantan pemain sepakbola Indonesia yang bermain untuk Maung Bandung era 50-60an sebagai penyerang. Dia merupakan pemain yang berhasil membawa Persib menjadi tim elite di Indonesia.

Pada saat Kejurnas PSSI 1957 berlangsung, Dia hanya membawa Pangeran Biru menduduki peringkat ketiga. Dua tahun kemudian, menjadi runner up Perserikatan setelah tumbang dari PSM Makassar (1-2) di Stadion Ikada, Jakarta.

Tahun 1961, Dia berhasil membawa Maung Bandung menjadi juara Perserikatan dan PSSI menunjuk tim kebanggaan Bobotoh mewakili Indonesia dalam turnamen Piala Emas Agha Khan  yang diselenggarakan di Pakistan (1962). Ketika itu Pangeran Biru hanya mencapai babak perempat final.

Ade Dana juga pantas digelari sebagai “Legenda Sepakbola Nasional.” Prestasi tertingginya bersama Aang Witarsa dan Rukma saat membawa Timnas Indonesia menahan imbang tim terkuat di dunia Uni Soviat (0-0) dalam Olimpiade Melbourme 1956.

Berkat kecemerlangannya itu, ia juga pernah melanglang buana di Uni Soviet selama tiga bulan. Sampai saat ini, prestasi tersebut dianggap sebagai presasi yang sangat fenomenal yang pernah dialami Indonesia dalam sejarah di kancah internasional.

Sebagai pelatih pada tahun 1984/1985, ia juga turut membawa Persib menjadi runner up Perserikatan. Kemudian bersama asisten Indra Thohir dan Dede Rusli turut mempersembahkan gelar juara bagi Maung bandung dalam Kejurnas PSSI 1990.

Ade Dana juga merupakan orang pertama di Maung bandung yang membawa Persib juara ketika menjadi pemain dan pelatih.

Selain itu, Dia juga menjadi pelatih pertama di Jawa Barat pada dekade 80-an yang memperoleh predikat S-1.

Prestasi:

  • Peringkat ketiga Kejurnas PSSI 1957 bersama Persib.
  • Runner up Kejurnas PSSSI 1959 bersama Maung Bandung.
  • Juara Kejurnas PSSI 1961 bersama Persib.
  • Runner up Kejurnas PSSI 1985.
  • Juara Kejurnas PSSI 1990.

Indra Tohir lahir di Bandung (7 Juli 1941). Dia merupakan pelatih Sepakbola Indonesia yang berhasil membawa tim Maung Bandung menjadi juara Liga Indonesia (Liga Dunhill).

Selain itu, Indra juga menghantarkan Persib ke perempat-final Liga Champions Asia sebuah prestasi tertinggi yang pernah dicapai klub di Indonesia.

Penampilannya yang kalem, ditemani asap rokok kretek yang selalu mengepul dari mulutnya menjadi khas penampilan keseharian pelatih yang hobi olahraga golf ini. Saat ini Indra Tohir menjabat sebagai Pelatih Persib U-21.

Pada tahun 1995, dia menjadi pelatih terbaik Asia.

(Bambang Fouristian)

Artikel Lainnya

spot_img