spot_img
Senin 19 April 2021
spot_img
spot_img

Hindari Konflik, 9 Asosiasi di Garut Bentuk Forlak

GARUT,FOKUSJabar.id: Dalam rangka menjalin kerjasama dan membangun sinergitas di antara pengusaha jasa konstruksi di Kabupaten Garut Jawa Barat (Jabar), sembilan asosiasi sepakat membentuk Forum Lintas Asosiasi Jasa Konstruksi (Forlak), Jumat (7/8/2020).

Ke-sembilan asosiasi tersebut, Asosiasi Pelaksana Konstruksi Nasional (Aspeknas), Gabungan Rekanan Konstruksi Indonesia (Garansi), Gabungan Pengusaha Konstruksi Nasional (Gapeknas), Asosiasi Konsultan Non Konstruksi Indonesia (Askkindo), Asosiasi Perusahaan Kontraktor Pertamanan Nasional (Aspertanas).

Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional (Gapensinas), Asosiasi Perusahaan Kontraktor Nasional (Gabpeknas), Gabungan Perusahaan Konstruksi Indonesia (Gabpeksi) dan Asosiasi Kontruksi dan Listrik Nasional (Aklinas).

BACA JUGA: DPR Pertanyakan Transparansi Refocusing Kemenhan Renovasi Rumah Sakit

Koordinator Forlak Kabupaten Garut, Pepen Supendi mengatakan, forum tersebut dibentuk karena kondisi dunia usaha jasa konstruksi yang terjadi saat ini sangat memprihatinkan. Di mana sering terjadi benturan yang menimbulkan konflik antarpengusaha.

garut fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)

“Untuk mengatasi kondisi tersebut, para Ketua (sembilan asosiasi) sepakat membentuk Forlak,” kata Pepen, Selasa (2/3/2021).

Selain itu kata Pepen, Forlak bertujuan untuk membina hubungan baik antarpengusaha pengadaan barang dan jasa, mendukung dan mendorong kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut dalam rangka meningkatkan stabilitas pembangunan di Kota Intan.

Menjalin komunikasi dengan pihak legislatif, eksekutif dan yudikatif guna membuka ruang diskusi bagi para pengusaha, memperjuangkan hak-hak anggota asosiasi dalam mendapatkan pekerjaan secara merata yang berkeadilan serta menciptakan iklim usaha jasa konstruksi yang kondusif.

“Tentu Kami berharap Pemkab bisa membangun sinergis untuk meningkatkan stabilitas pembangunan di garut,” tutup Pepen.

(Bambang Fouristian)

Artikel Lainnya

spot_img